Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Teknologi Informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Djaka Dwi Winarko mengharapkan para peserta program Magang di Rumah Rakyat dapat menjadi duta DPR yang mampu menyampaikan informasi secara utuh tentang DPR kepada masyarakat luas.

"Selain pengalaman untuk mahasiswa itu sendiri, sejatinya MDRR ini menjadi sebuah kesempatan kita untuk memberikan pemahaman mengenai apa itu DPR secara langsung," kata Djaka usai menghadiri Kuliah Umum MDRR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Menurut dia, para peserta Magang di Rumah Rakyat (MDRR) yang merupakan mahasiswa itu dapat menyampaikan informasi secara utuh tentang DPR kepada masyarakat luas karena selama mengikuti program magang mereka akan melihat praktik-praktik kerja anggota DPR sekaligus memahami sistem-sistem pendukung di Setjen DPR.

Ia mengaku optimistis para peserta magang tersebut mampu menjalankan tugas sebagai duta DPR karena mereka merupakan orang-orang pilihan dari sekian ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Setjen DPR sebut EVP 2024 di Indonesia diapresiasi dunia

Dengan demikian, Djaka berharap segala informasi yang didapatkan peserta melalui program Magang di Rumah Rakyat, mulai dari pengetahuan mengenai DPR, cara kerja, prosedur kerja, hingga dinamika yang ada di DPR dapat pula diketahui oleh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Djaka menyampaikan pula bahwa dalam kuliah umum Magang di Rumah Rakyat itu, pihaknya memberikan informasi serta membuka diskusi seputar teknologi informasi di DPR RI.

Di antaranya adalah terkait dengan peran dan fungsi Pusat Teknologi Informasi Sekretariat Jenderal DPR dalam memastikan bahwa layanan-layanan, kerja, dan proses-proses di DPR itu bisa terfasilitasi dengan menggunakan teknologi informasi. Dengan kata lain, kata dia melanjutkan, tujuan dari kuliah umum itu adalah memberikan pemahaman-pemahaman kepada peserta mengenai peran Pusat Teknologi Informasi Sekretariat Jenderal DPR dalam proses kerja di DPR RI.

Baca juga: Setwan Gorontalo-Jabar kerja sama dengan Setjen DPR RI kembangkan SDM

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024