Jakarta (ANTARA) -
NU Care-LazisNU PBNU menyalurkan bantuan paket pangan, tepung, dan terpal sebanyak tiga truk kontainer bagi masyarakat di Gaza, Palestina, melalui Gazze Destek Dernegi (GDD) atau Asosiasi Dukungan Gaza yang bermarkas di Istanbul, Turki.
 
Direktur Eksekutif NU Care-LazisNU Qohari Cholil mengungkapkan hingga saat ini warga Gaza masih membutuhkan bantuan. Maka itu, pihaknya berkomitmen untuk terus menyalurkan bantuan melalui berbagai mitra NU Care-LazisNU, salah satunya GDD.
 
"Melalui GDD ini, proses pengiriman bantuan ke Gaza via Mesir sudah dilakukan, dengan bentuk bantuan berupa satu truk kontainer berisi paket pangan, satu truk tepung atau gandum, dan satu truk lagi berisi bantuan terpal," kata Qohari di Jakarta, Rabu.
 
Ia berharap bantuan tersebut dapat segera diterima oleh warga Gaza. "Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar dan bantuan segera bisa diterima oleh warga Palestina di Gaza yang memang sangat membutuhkannya," ujarnya.
 
Sementara itu, Manajer Kemitraan Wilayah Asia Tenggara GDD Faqihussyari menjelaskan bantuan kemanusiaan dari NU Care-LAZISNU diberangkatkan dari Gudang Paket Pangan Ismailiyah, Mesir, pada 30 Maret dan tiba di Rafah pada 13 April 2024.
 
"Alhamdulillah sebanyak 1.452 paket pangan bantuan dari NU Care-LazisNU sudah masuk Gaza. Satu truk tepung atau gandum untuk bahan roti juga sudah masuk Gaza dan sudah didistribusikan oleh tim GDD di Gaza, tinggal truk terpal kami masih menunggu kabar," kata Faqih.
 
Adapun bantuan paket pangan berisikan kurma, beras Mesir, manisan, selai kacang, daging sapi kaleng, keju, saus tomat, spaghetti, pembalut wanita, keju kuning, tuna kaleng, teh, gula, hums, garam, dan tepung.
 
Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Nahdlatul Ulama dan rakyat Indonesia atas dukungan dan bantuan kemanusiaan bagi Palestina.
 
Faqih juga berharap kemitraan NU Care-LazisNU dengan GDD dapat berlanjut dan terus memberikan bantuan bagi rakyat Palestina yang mengungsi di Jalur Gaza.
 
"Harapan kami semoga kerja sama ini terus berlanjut antara LazisNU dan GDD, agar bisa memberikan manfaat yang lebih luas kepada jutaan pengungsi yang ada di Jalur Gaza, yang masih membutuhkan bantuan dan doa dari kita semua," katanya.

Baca juga: NU Care-LAZISNU kirim bantuan ke Palestina dalam momentum Ramadhan

Baca juga: NU Care-LAZISNU PBNU luncurkan aplikasi pembayaran zakat

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024