Jakarta (ANTARA) -
Panitia turnamen Mandiri 3X3 Indonesia terpaksa mengubah waktu dan tempat pelaksanaan tahapan play-in menjadi hanya di Kota Medan, Sumatera Utara, pada 27-28 April 2024, karena tingginya antusias peserta yang ingin berpartisipasi.
 
Penanggung Jawab Mandiri 3X3 Indonesia Tournament, Chaerul Aziz, mengatakan banyaknya tim yang mendaftar membuat panitia mengubah tempat pelaksanaan, yang awalnya di Kota Pematang Siantar (28 April) dan Medan, menjadi hanya di Medan.
 
"Di Medan, tim yang mendaftar lebih dari 84 tim. Bahkan lebih dari 100 tim," kata Chaerul dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.
 
Lebih lanjut dia mengatakan, seluruh calon peserta mendaftar masing-masing sesuai dengan lima kategori atau kelompok umur (KU) yang akan dipertandingkan, yaitu KU-12 campuran (putra dan putri), KU-15 putra, KU-18 putra, KU-23 putra, dan KU-23 putri.

Baca juga: Kompetisi 3x3 di luar Jawa kembangkan talenta basket secara nasional
 
Ia membeberkan, turnamen itu sudah memasuki tahun ketiga pelaksanaan dan baru pertama kali dilakukan di luar Pulau Jawa, sehingga disebut dengan Regional Sumatera dan juga yang ada di Sulawesi.
 
Setelah melaksanakan tahapan play-in pada hari pertama dan kedua, final Regional Sumatera akan dilakukan kembali di Medan pada 1 Mei.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, dari dua kali tahapan play-in, panitia mengambil tiga tim terbaik di masing-masing kategori dari dua hari itu untuk dipertandingkan dalam final regional.
 
Total akan ada 30 tim yang bersaing di final regional nanti.

Baca juga: Calon peserta membeludak untuk daftar turnamen Mandiri 3X3 di Medan
 
Chaerul menambahkan, turnamen tahun ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, karena juara di masing-masing regional tidak diadu kembali di level nasional.
 
Selain Regional Sumatera, pelaksanaan turnamen Mandiri 3X3 Indonesia kali ini juga digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebagai tempat pelaksanaan Regional Sulawesi.
 
Kemudian, untuk Regional Jawa tahapan play-in dilaksanakan di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Sedangkan final regional berlangsung di Yogyakarta, pada 23 Juni 2024.
 
"Pada pelaksanaan tahun ini juga digelar kategori umum untuk memperebutkan tiket Lite Quest. Kategori ini hanya menampung 16 tim saja. Pemenangnya nanti akan tampil Quest di Jepang, Malaysia, atau China, ujar dia.

Baca juga: Turnamen Mandiri 3X3 Indonesia tahun ketiga tawarkan sejumlah inovasi
 
Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) Bidang 3X3 dan Minibasket, Jamin Mattotoran, mengatakan bahwa antusias yang luar biasa di Medan merupakan sinyal yang bagus untuk perkembangan cabang olahraga.
 
Dia berharap, dengan melubernya calon peserta yang mendaftar akan membuat basket 3X3 menjadi lebih populer di Indonesia ke depannya.
 
"Ini satu langkah maju dari Mandiri 3x3 Indonesia Tournament. Kami dari PP PERBASI berharap dengan adanya regional di Medan ini, popularitas 3x3 semakin naik di wilayah Sumatera," kata pria yang kerap disapa coach Jamin itu.
 
Ia juga berharap, melalui turnamen itu akan melahirkan bibit-bibit potensial untuk menjadi anggota tim nasional, guna mewakili Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Antusiasme peserta putri bakal digenjot di Mandiri 3X3 Indonesia
Baca juga: Mandiri Indonesia 3x3 Tournament hadirkan persaingan yang makin ketat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024