Jakarta (ANTARA) -
Persija Jakarta menggagalkan upaya PSIS Semarang untuk menembus Championship Series setelah menang 2-1 pada pertandingan Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa sore.
 
Hasil itu membuat PSIS tertahan di posisi keenam klasemen akhir Liga 1 dengan koleksi 53 poin atau tertinggal dua poin dari tim peringkat keempat Madura United. Sedangkan Persija mengakhiri musim reguler 2023/2024 dengan menghuni posisi kedelapan dengan 48 poin, demikian catatan laman resmi Liga Indonesia.
 
Tim tamu PSIS memiliki peluang terlebih dahulu pada menit kelima saat Gali Freitas melepaskan sepakan yang masih dapat diantisipasi kiper Cahya Supriadi. Setelah itu beberapa kali PSIS merepotkan barisan pertahanan tuan rumah.
 
Setelah itu kedua tim kesulitan menciptakan peluang-peluang bersih. Baik Persija maupun PSIS tidak mampu menembus pertahanan lawan.
 
Persija baru mendapat peluang pertama melalui tendangan bebas Marko Simic pada menit ke-32, namun sepakan penyerang asal Kroasia itu masih dapat diamankan kiper PSIS Rizky Darmawan.
 
Tim Mahesa Jenar mendapatkan peluang bagus pada awal babak kedua, tetapi dapat digagalkan Cahya. Setelah itu Persija memiliki dua peluang dari Maciej Gajos, pertama ketika sepakannya melambung ke atas mistar kemudian saat tendangan bebasnya ditepis kiper Rizky Darmawan.
 
Malapetaka untuk Persija terjadi pada menit ke-64 saat PSIS mampu membuka keunggulan. Bola umpan silang dari sisi kanan pertahanan Persija dapat diterima dengan baik oleh Frediyan Wahyu untuk selanjutnya dikontrol satu kali dan diakhiri dengan tembakan keras tanpa dapat dihalau Cahya. 1-0 untuk PSIS.

Baca juga: Borneo tak sepelekan laga terakhir melawan Dewa United
 
Namun keunggulan PSIS hanya bertahan tiga menit. Pada menit ke-67, tendangan sudut dari Ryo Matsumura disambut sundulan Marko Simic dan berbuah gol untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.
 
Pelatih Persija Thomas Doll kemudian memasukkan Aji Kusuma dan bek veteran Maman Abdurrahman untuk menggantikan Oliver Bias dan Ryo Matsumura.
 
Persija kemudian membalikkan keadaan pada menit ke-71 usai Simic dijatuhkan Lucas Gama Moreira di luar kotak penalti. Tendangan bebas kemudian diambil oleh Gajos yang sepakannya meluncur mulus ke sudut kiri atas gawang PSIS.
 
Menjelang pertandingan usai, PSIS memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun kali ini, Cahya kembali menjadi penyelamat Persija dengan penyelamatan bagusnya.
 
Menjelang peluit panjang berbunyi, Cahya harus diganti oleh kiper senior Andritany Ardhyasa. Selain itu, Doll juga memberi kesempatan bermain selama beberapa menit kepada putra Maman Abdurrahman yakni Rafa Abdurrahman.
 
Daftar susunan pemain:
 
Persija Jakarta: Cahya Supriyadi, Oliver Bias, Akbar Arjunsyah, Ondrej Kudela, Firza Andika, Ryo Matsumura, Hanif Sjahbandi, Resky Fandi, Maciej Gajos, Riko Simanjuntak, Marko Simic
Pelatih: Thomas Doll
 
PSIS Semarang: Muhammad Rizky Darmawan, Mohammad Haykal, Ahmad Syiha Buddin, Lucas Moreira, Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Alfreanda Dewangga, Boubakary Diarra, Taisei Marukawa, Riyan Ardiyansyah, Gali Freitas, Gian Zola​​​​​​​
Pelatih: Gilbert Agius

Baca juga: Barito Putera tutup musim ini dengan hempaskan Persikabo 4-3
​​​​​​​
Baca juga: Munster dan manajemen Persebaya sudah diskusi kerangka tim musim depan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024