Manado (ANTARA) -
Basarnas membantu evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara dari Tagulandang ke Pulau Siau dan Kota Manado.
 
"Evakuasi akan kita lakukan besok hari bagi masyarakat yang terdampak erupsi," kata Kabagops Kantor SAR Manado Jendry Paendong di Pelabuhan Tagulandang, Selasa malam.
 
Dia mengatakan evakuasi warga ke Pulau Siau dan Kota Manado tetap akan memperhatikan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan, termasuk kondisi kapal.
 
Jendry ketika ditanya terkait jumlah pengungsi yang akan dievakuasi menggunakan KN SAR Bima Sena, mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sitaro.
 
Sebab menurut dia, berapa banyak warga yang akan dievakuasi ke dua tempat tersebut, masih perlu divalidasi.

Baca juga: Lima stasiun pendeteksi tsunami diefektifkan usai letusan Gunung Ruang

Baca juga: Pulau Tagulandang masih gelap gulita pascaerupsi Gunung Ruang
 
Dia menambahkan setelah KN SAR Bima Sena sandar di Pelabuhan Tagulandang pukul 22:00 WITA, pihaknya akan memindahkan logistik yang dibawa ke posko induk Apengsala.
 
"Kendaraan operasional kita masih di Pelabuhan Fery dan diperkirakan tiba subuh," ujarnya.
 
Saat KN SAR Bima Sena sandar di Pelabuhan Tagulandang, ada beberapa warga yang ingin dievakuasi ke Kota Manado.
 
Beberapa warga tersebut belum bisa dievakuasi, karena simpang siur informasi bahwa KRI Kakap milik TNI AL akan merapat di Pelabuhan Minanga.
 
"Kami menunggu di sana (Pelabuhan Minanga) tetapi ternyata sandar di Pelabuhan Tagulandang. Kami akhirnya ke sini (Pelabuhan Tagulandang). Tetapi pas ke sini kapalnya sudah berangkat," ujar Anex Tatulus warga yang tinggal di Pulau Tagulandang.
 
Anex dan beberapa orang lainnya ingin dievakuasi ke Manado karena kondisi rumah tinggalnya hancur akibat erupsi Gunung Ruang.
 
Di Manado mereka akan tinggal di rumah keluarga dan nanti kembali setelah aktivitas Gunung Ruang sudah menurun.
 
Warga yang ingin di evakuasi tersebut akhirnya kembali, setelah mendapatkan informasi bahwa KN SAR Bima Sena akan merapat ke Pulau Siau dan nanti keesokan harinya, Rabu (1/5) kembali merapat ke dermaga Pelabuhan Tagulandang.

Baca juga: Gunung Ruang tiga kali meletus sepanjang Selasa siang-petang

Baca juga: KRI Kakap dikerahkan evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024