Chengdu, China (ANTARA) - Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Lanny Tria Mayasari dipasangkan untuk pertama kali sebagai ganda putri pertama Indonesia pada laga fase grup terakhir Piala Uber 2024, Rabu (1/5), menghadapi tim Jepang. 

Fadia/Lanny akan menghadapi pasangan unggulan Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida pada pertandingan yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China.

Laga terakhir ini merupakan ajang bagi tim putri Indonesia dan Jepang untuk memperebutkan gelar juara Grup C.

Menurut pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian, keputusan untuk memasangkan Fadia dan Lanny dilatarbelakangi oleh kondisi fisik dari kedua rekan mereka yakni Apriyani Rahayu dan Ribka Sugiarto.

“Alasannya untuk Apri proses pemulihan dan penguatan cederanya terus membaik, saya melihat ada kemajuan di saat latihan tetapi saya juga merasa risiko terlalu besar untuk dia bila harus langsung menghadapi laga ketat melawan Jepang,” ungkap Eng Hian di Chengdu, China, Selasa.

“Sementara untuk Ribka, kondisinya belum 100 persen, sempat terserang flu sejak beberapa hari terakhir. Semalam kami sudah membawa dia ke rumah sakit dan hari ini kondisinya sudah berangsur pulih. Saya berharap saat perempat final nanti, Ribka sudah siap kembali diturunkan,” ujarnya menambahkan.

Sementara, ganda putri kedua untuk Indonesia adalah juara Orleans Masters 2024 Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose yang akan berjumpa dengan pasangan Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto.

Baca juga: Pelatih: Tunggal putra Indonesia siap turun dengan kekuatan terbaik

“Memang ini keputusan yang harus diambil. Memasangkan Fadia dengan Lanny dan tidak memecah Rachel/Trias,” kata Eng Hian.

Sementara itu, pada sektor tunggal, tim putri Indonesia diperkuat oleh Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi.

Gregoria akan bertemu dengan tunggal putri nomor satu Jepang Akane Yamaguchi, sementara Ester bakal berhadapan dengan Aya Ohori, dan Komang Ayu juga akan berjumpa dengan sesama debutan Tomoka Miyazaki.

Pertandingan fase grup terakhir antara skuad putri Indonesia dan Jepang akan digelar mulai pukul 08.30 WIB.

Baca juga: Pelatih pastikan tunggal putri Indonesia siap hadapi Jepang
Baca juga: Tim Thomas-Uber Indonesia fokus puncaki klasemen grup
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024