Tangerang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Banten, menyebutkan sebanyak 2.494 calon jamaah haji di wilayah itu siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada 13 Mei 2024.

"Untuk kloter pertama pemberangkatan Insya Allah mulai tanggal 13 Mei 2024," kata Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Tangerang Ahmad Jubaedi di Tangerang, Rabu.

Dari rencana keberangkatan ribuan calon jamaah haji asal Kabupaten Tangerang itu dibagi dalam beberapa kloter pemberangkatan.

"Satu kloter terdiri dari 388 orang ditambah lagi petugas haji menggunakan maskapai Saudia Airways," terangnya.

Baca juga: Arab Saudi sebut telah selesaikan 171 ribu visa jamaah haji Indonesia

Kendati demikian saat ini pihaknya pun tengah mempersiapkan kelengkapan dokumen paspor, visa, serta dokumen lainnya, bagi para calon haji tersebut.

Menurut dia, periode pemberangkatan haji pada tahun 2024 ini jumlah kuota mengalami penambahan yakni sebanyak 15 persen dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 1.986 jiwa.

"Ada sisi peningkatan jumlah calon haji tahun ini dibandingkan tahun lalu yakni 15 persen. Karena pada tahun 2023 calon jamaah haji asal Kabupaten Tangerang hanya 1.986 jiwa dan tahun ini bertambah menjadi 2.494 jiwa," ujarnya.

Baca juga: Wapres-Menteri Haji Saudi bahas penyelenggaraan hingga kuota haji RI

Dari 2.494 jiwa yang bakal berangkat ke Tanah Suci, kata dia, 20 persennya adalah orang lanjut usia (lansia). Pasalnya, pada periode musim haji saat ini masih tetap mengusung ramah lansia.

"Kemudian dari 2.494 jiwa terbagi menjadi enam kloter (kelompok terbang,). Dimana lima kloter semuanya calon jamaah haji Kabupaten Tangerang dan satu kloter gabungan dengan kota/kabupaten se-Provinsi Banten," ujarnya.

Untuk calon jamaah haji asal Kabupaten Tangerang, kata dia, akan masuk pemberangkatan dalam Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. "Sementara kepulangan masuk dalam Debarkasi Asrama Haji Tangerang," kata dia.

Baca juga: Calon jamaah haji pingsan saat ikuti bimbingan manasik di Serang
 
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024