Jakarta (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta membuka peluang kerja sama riset dan akademik dengan King Abdul Aziz University, Arab Saudi.

Peluang kerja sama tersebut diawali dengan kunjungan Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar secara langsung ke King Abdul Aziz University yang terletak di Jeddah pada Selasa (30/4), yang ini diterima langsung Wakil Rektor Bidang Riset dan Pascasarjana King Abdul Aziz University Prof Amin Yousef Noaman.

"Pertemuan membahas peluang kerja sama akademik dan riset antara dua universitas," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta Prof Ali Munhanif dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Ali menekankan kerja sama dengan King Abdul Aziz University merupakan hal yang sangat penting bagi UIN Jakarta, karena King Abdul Aziz University merupakan perguruan tinggi dengan peringkat pertama di Arab Saudi.

Baca juga: UIN Jakarta jalin kerja sama dengan dua universitas ternama China

King Abdul Aziz University, kata dia, juga masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi dunia terkemuka. Terakhir, perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1967 ini masuk dalam peringkat ke-153 QS World University Ranking.

"UIN Jakarta menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang diterima untuk kerja sama dalam lima tahun terakhir," tegasnya.

Ali mengungkapkan peluang kerja sama dengan King Abdul Aziz University sangat terbuka lebar, karena tidak lepas dari dorongan Prof Amin Yousef Noaman yang meminta kerja sama segera diaplikasikan menjadi program implementatif.

"Proposal bidang kesehatan dan psikologi ditunggu untuk di-matching-kan dengan peneliti di sini. Teknisnya bisa hubungi Pusat Layanan Kerjasama Internasional UIN Jakarta," ujarnya.

Baca juga: UIN Syahid-Fethullah Gulen Chair hentikan kerja sama

Terkait hal tersebut Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar mendorong fakultas-fakultas terkait di UIN Jakarta untuk secepatnya menyiapkan rencana tindak lanjut.

"Kerja sama dengan King Abdul Aziz University sangat terbuka dan potensial di bidang sains," ucapnya.

Untuk diketahui King Abdul Aziz University tengah fokus untuk meningkatkan jumlah dan kualitas karya ilmiah, publikasi, dan sitasi guna mencapai 100 universitas terbaik dunia. Untuk itu, King Abdul Aziz University berkomitmen penuh menyediakan infrastruktur entitas ilmiah dan riset melalui pusat penelitian dan laboratorium sains.

Baca juga: Kemenag dan UIN Jakarta kerja sama perhajian

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024