Chengdu, China (ANTARA) - Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung mengklaim kemenangan pertama Indonesia atas Jepang pada fase grup Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Rabu.

Gregoria menang atas tunggal putri unggulan Jepang Akane Yamaguchi melalui rubber game ketat dengan skor 17-21, 21-17, 21-13 dalam tempo 53 menit.

Gregoria terlihat mampu mengontrol permainan pada awal gim pertama. Namun, terdapat beberapa poin yang diraih oleh Yamaguchi akibat bola-bola Gregoria yang tersangkut di net atau keluar karena angin yang cukup menyulitkan.

Meski beberapa kali tertinggal, Gregoria mampu mengimbangi laju perolehan angka dan mempersempit jarak skor. Namun, pada poin-poin kritis, Yamaguchi melancarkan serangan-serangan dan membungkus kemenangan gim pertama atas Gregoria 21-17.

“Di gim awal aku tidak nyaman dengan permainan aku sendiri, cukup banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Gregoria saat ditemui usai pertandingan.

Beralih ke gim kedua, Gregoria kembali menemukan ritme permainannya dan bersaing ketat dengan sang tunggal putri peringkat empat dunia.

Juara Kumamoto Masters 2023 itu pun tampil lebih percaya diri dalam melancarkan bola-bola sulit sehingga memaksakan adanya rubber game setelah memenangkan gim kedua 21-17.

“Untungnya di gim kedua aku mencoba main lebih tenang dan lebih sabar. Walaupun aku tahu bahwa main seperti itu akan membuat lebih engap (lelah) karena (bola) tidak banyak mati,” ujar Gregoria.

Gim penentuan berlangsung lebih alot, tapi, Gregoria tidak mengendurkan semangatnya dan unggul cukup jauh saat merebut interval gim ketiga 11-4.

Selepas turun minum, tunggal putri peringkat sembilan dunia itu pun terlihat lebih yakin dan berani dalam menempatkan bola dan serangan.

Strategi itu membuahkan hasil dan laju angka bagi Gregoria semakin tak terhentikan, sampai ia merebut kemenangan gim ketiga dengan skor 21-13 , sekaligus kemenangan pertama Indonesia atas Jepang hari ini.

“Itu membuktikan juga di gim ketiga aku lebih percaya diri, bisa cukup stabil dan konsisten karena pola mainku dan tidak melakukan banyak kesalahan sendiri,” kata Gregoria.

Sementara itu, masih ada empat wakil Indonesia lainnya yang akan berlaga di pertandingan fase grup terakhir kontra Jepang kali ini.

Di sektor tunggal ada Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi, sementara Siti Fadia Silva Ramadhanti/Lanny Tria Mayasari dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose memperkuat sektor ganda.


Baca juga: Indonesia dan Jepang siap perebutkan gelar juara Grup C Piala Uber
Baca juga: Fadia dan Lanny dipasangkan sebagai ganda putri pertama hadapi Jepang
Baca juga: Pelatih: Tunggal putra Indonesia siap turun dengan kekuatan terbaik
Baca juga: Tim Thomas-Uber Indonesia fokus puncaki klasemen grup


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2024