Jayapura (ANTARA) - Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 10,76 kilometer yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua dalam rangka memperingati hari Integrasi Papua kembali ke pangkuan NKRI meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Direktur Pemasaran MURI Awan Rahargo di Jayapura, Rabu, mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 10,76 kilometer tersebut merupakan yang terpanjang bukan saja di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Baca juga: Pemkot Jayapura bentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 10,76 kilometer

"Karena kami meyakini Merah Putih hanya ada di Indonesia dan ini merupakan pembentangan yang terpanjang di dunia," katanya.

Menurut Rahargo, pembentangan Bendera Merah Putih yang dilakukan Pemkot Jayapura mengalahkan kegiatan serupa yang diselenggarakan oleh Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pada Agustus 2023, sepanjang 7,8 kilometer.

Dia menjelaskan hari ini menjadi peristiwa sejarah, dimana pada 1 Mei merupakan penegasan bahwa rakyat Papua secara demokrasi memilih untuk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI.

"Sehingga, diharapkan kegiatan ini menjadi sumber semangat dan motivasi bagi generasi muda Papua untuk semakin mencintai Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Yonif 122/TS bentangkan Bendera Merah Putih satu kilometer di Mosso

Baca juga: Gabungan pencinta alam kibarkan bendera raksasa di Situ Gunung Putri


Dia menambahkan pembentangan Bendera Merah Putih turut membangkitkan semangat kebanggaan nasional dan selaras dengan visi dan misi MURI, yakni menggelorakan semangat kebanggaan nasional.

"Terkait itu kami memberikan apresiasi kepada Pemkot Jayapura yang telah menginisiasi kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati hari integrasi Papua ke pangkuan NKRI," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024