Jakarta (ANTARA) - Mantan juara US Open Emma Raducanu telah mendapatkan akses langsung ke daftar kualifikasi Roland Garros, yang didasarkan pada peringkat WTA per Senin 29 April.

Laju perempat final Raducanu di Stuttgart dua pekan lalu mengangkat petenis Inggris itu ke posisi No.221 sehingga menjadi peserta terakhir yang masuk kualifikasi, yang akan dimulai pada 20 Mei.

Menurut laman WTA, Rabu, Raducanu juga menggunakan peringkat spesialnya 103, yang diberikan setelah absen  delapan bulan karena cedera, untuk masuk daftar undian utama sebagai petenis pengganti. Dia saat ini berada lima tempat di luar entri langsung.

Sementara itu, Julia Riera yang berperingkat ke-94 dan  semifinalis Rabat 2023 menduduki puncak daftar kualifikasi. Petenis lain yang juga masuk daftar kualifikasi adalah finalis tahun 2012 Sara Errani dan remaja yang sedang berkembang pesat Sara Bejlek dan Robin Montgomery, yang keduanya mencatat hasil menarik di Madrid pekan ini.

Bejlek mencapai babak keempat sebagai kualifikasi, sementara Montgomery memaksa juara bertahan Aryna Sabalenka memainkan set ketiga yang ketat pada babak ketiga.

Baca juga: Badosa berjuang untuk karier tenis meski ada kekhawatiran dari dokter

Lima petenis telah menggunakan peringkat khusus untuk mengikuti undian kualifikasi. Kelimanya adalah Mirjam Bjorklund (145), Tara Wurth (174), juara ganda putri 2021 Oksana Selekhmeteva (190), Paula Ormaechea (193) dan Nastasja Schunk (210).

Enam petenis yang berada pada peringkat antara Riera dan Raducanu telah masuk undian utama melalui peringkat mereka per 15 April, atau peringkat khusus. Mereka adalah Paula Badosa, Emina Bektas, Irina-Camelia Begu, Julia Grabher, Naomi Osaka dan Bianca Andreescu.

Empat petenis lagi belum mengikuti undian kualifikasi dan karenanya tidak akan tampil di Roland Garros kecuali mendapatkan wild card. Mereka adalah mantan petenis nomor 1 dunia Caroline Wozniacki, Camila Giorgi, Storm Hunter dan Alina Korneeva.

Hunter yang mantan pemain ganda berperingkat satu dunia menderita cedera Achilles bulan lalu, sementara Korneeva yang juara junior tahun lalu menjalani operasi pergelangan tangan.

Baca juga: Raducanu rayakan momen penting setelah kalahkan Kerber di Stuttgart
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024