Lebak (ANTARA) -
Masyarakat Desa Cibeureum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, siap-siap mengungsi karena air Sungai Cibereum meluap dan menggenangi ratusan rumah di daerah itu.

"Kita siap mengungsi bersama keluarga karena air Sungai Cibereum meluap," kata Juhedi (50), tokoh masyarakat Desa Cibereum, Kabupaten Lebak, Kamis.

Masyarakat yang terendam banjir di sejumlah permukiman di Desa Cibereum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, akibat hujan deras pada Rabu(1/5) malam pukul 21.00 WIB.

Namun banjir berkisar antara 40-60 sentimeter mulai menggenangi rumah warga pada Kamis (2/5) pukul 05.00 WIB pagi hingga ratusan rumah terendam banjir.

Baca juga: BPBD Lebak minta warga waspada hujan lebat pada malam 

Selanjutnya pukul 11.00 WIB masyarakat yang tinggal di permukiman Kampung Lojor, Kampung Bongkok, Kampung Jamlaung, dan Cidadap, bersiap-siap untuk mengungsi karena air Sungai Cibereum meluap.

"Kami mengimbau masyarakat di wilayah itu agar meningkatkan kewaspadaan menyusul Sungai Cibereum meluap agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang lebih besar," kata Juhedi.

Nurman (45) warga Kampung Bongkok, Kabupaten Lebak, mengaku saat ini tengah mengamankan peralatan rumah tangga dan padi ke tempat yang lebih aman.

Baca juga: BPBD Lebak minta warga waspada banjir dan longsor

"Kami sekarang sudah meninggalkan rumah karena Sungai Cibeureum terus meluap dan belum ada tanda tanda surut ," katanya.


Sementara itu Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal mengatakan pihaknya kini mengirimkan peralatan evakuasi ke lokasi-lokasi pemukiman yang diterjang banjir, berupa perahu dan pelampung.

Banjir yang melanda Desa Cibereum, Kabupaten Lebak, untuk data pertama menyebabkan 107 rumah terendam banjir. Namun dipastikan jumlahnya bertambah karena Sungai Cibereum meluap.

"Kami mengutamakan keselamatan masyarakat yang terdampak banjir dengan peralatan evakuasi, juga bantuan logistik serta tenda untuk menampung warga," katanya.

Baca juga: BPBD Lebak imbau nelayan waspadai cuaca buruk cegah kecelakaan laut 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024