Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum IKA Universitas Airlangga (Unair) Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya percepatan Indonesia
Emas sebelum tahun 2045.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 itu dalam keterangan di Surabaya, Kamis mengatakan dukungan terhadap upaya itu dibuktikan dengan penyerahan Buku "Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Pendidikan Indonesia Maju 2034".

"Jadi buku ini adalah hasil jawaban dari tugas Pak Presiden Jokowi. Saat beliau datang ke Surabaya untuk menghadiri Temu Tahunan ke 25 Forum Rektor Indonesia di Unesa, beliau menyampaikan pentingnya merumuskan konsep percepatan capaian target Indonesia Emas," kata Khofifah.

Saat itu, Jokowi memberikan tugas bagaimana akademisi, civitas akademika termasuk alumninya turut membuat konsep bagaimana Indonesia Emas bisa dicapai lebih cepat dari tahun 2045.

"Khusus untuk bidang pendidikan, Prof. Mohammad Nasih Rektor Unair yang saat ini juga sebagai ketua Wantim FRI 2024/2025 telah selesai merumuskan konsep di bidang pendidikan yaitu Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034," katanya.

Baca juga: Kemendagri ajak pemda wujudkan visi Indonesia Emas 2045

Sehingga setelah disusun oleh tim yang sudah sangat kredibel, lahirlah Buku Pokok Pikiran Unair "Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034" yang diserahkan ke PW IKA Unair Jateng dalam kesempatan ini.

Mantan Menteri Sosial itu menegaskan bahwa buku ini akan dilakukan bedah konsep dengan mengundang significant person yang memiliki kualifikasi di bidangnya untuk mengupas lebih dalam terkait buku ini sehingga tercipta konsep yang benar-benar matang.

"Bedah konsep Pokok Pikiran Rektor Unair Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034 di bidang pendidikan ini rencananya akan dilakukan di Jakarta, pada tanggal 14 Mei 2024 mendatang," ujarnya.

Dipilih Jakarta karena Unair ingin agar nasional ikut mendiskusikan dan semakin menggaungkan konsep pengembangan sektor pendidikan yang telah diinisiasi oleh Rektor Unair lebih cepat dari 2045.

Akan tetapi, wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga menjelaskan bahwa bedah konsep dalam buku ini tidak akan berhenti hanya di Jakarta saja. Melainkan, minimal lima kota besar di Indonesia juga akan dilakukan bedah konsep yang serupa.

Dengan mengundang tokoh-tokoh terkait diharapkan konsep yang dihasilkan menjadi lebih matang dan komprehensif.

Di sisi lain, diserahkannya Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Pendidikan Indonesia Maju 2034 pada PW IKA Unair Jawa Tengah kali ini, juga memiliki tujuan khusus. Di mana PW IKA Unair Jateng diminta untuk menyiapkan konsep untuk bidang UMKM.

"Jadi kalau buku ini adalah Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Pendidikan Menuju Indonesia Maju 2034 sebagai percepatan Indonesia emas 2045, maka IKA Unair Jateng bisa turut kontribusi menyusun konsep percepatan kemajuan digital on line bidang UMKM," katanya.

Baca juga: Airlangga: RI masih 'on-track' untuk capai Visi Indonesia Emas 2045

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024