Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan dirinya optimistis Timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda mampu menumbangkan Irak pada laga Piala Asia U-23 2024 untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Ini ketemu Irak, saya rasa potensi (Garuda Muda) menangnya besar," ujarnya kepada awak media di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Laga Timnas Indonesia U-23 melawan Irak pada Piala Asia U-23 2024 akan tersaji di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar pada Kamis (2/5) pukul 22.30 WIB.

Dito mengatakan sudah dua kali ikut mendampingi Garuda Muda dalam laga Piala Asia U-23 sebelumnya pada babak perempatfinal melawan Korea Selatan serta laga semifinal melawan Uzbekistan.

Ia mengatakan, dirinya melihat kondisi pelatih, ofisial, dan pemain, memiliki semangat kekeluargaan dan kekompakan yang tinggi.

"Mereka semua on fire sekali untuk menang jadi saya yakin kita menang melawan Irak," ujarnya.

Baca juga: Erick ajak masyarakat doakan Garuda Muda lolos ke Olimpiade

Dito mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia agar terus memperebutkan dukungan dan doa bagi Garuda Muda agar bisa meraih kemenangan melawan Irak.

Lebih lanjut, Dito mengatakan pemerintah sudah siap mendukung langkah Garuda Muda selanjutnya ketika lolos ke Olimpiade Paris.

"Jika menang (melawan Irak) dan lolos (Olimpiade Paris 2034) kami akan support melalui program PSSI, mau itu training center, mau itu pendidikan, mau itu fokus training di luar negeri, itu akan full support," ujarnya.

Laga Indonesia melawan Irak memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23 merupakan salah satu peluang Garuda Muda untuk merebut tiket berkompetisi Olimpiade Paris 2024.

Namun, jika kalah dan berada di posisi keempat, maka anak asuh pelatih Shin Tae-yong harus berjuang pada laga selanjutnya melawan wakil dari Afrika, Guinea, sebagai peluang terakhir untuk memastikan nasib mereka berkompetisi dalam ajang olahraga tertinggi dunia di Paris.

Baca juga: Kemenpora gelar nobar galang dukungan Garuda Muda lolos Olimpiade
Baca juga: Pengamat: Benahi pertahanan Garuda Muda untuk kalahkan Irak

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024