Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Perhelatan lomba keagamaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat, 27 April-4 Mei 2024 membawa berkah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bekasi.

Berkah peningkatan omzet penjualan produk pelaku usaha kecil itu didapatkan berkat inisiasi Pemerintah Kabupaten Bekasi membuka kegiatan pameran dan bazar UMKM di sekitar arena perlombaan selama MTQ berlangsung.

"MTQ ini membawa berkah luar biasa. Alhamdulillah omzet kami meningkat sampai 75 persen hanya dari ajang ini," kata Anggota Forum UMKM Kecamatan Cibarusah Tati Siti Sokati di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan peningkatan omzet juga dirasakan pelaku usaha lain yang diberikan kesempatan membuka gerai produk unggulan lokal mereka. Sedikitnya ada 27 gerai yang membuka usaha khusus di area arena utama MTQ Jawa Barat 2024 yakni Lapangan Plasa Pemkab Bekasi.

"Kami sendiri menjual aneka produk makanan khas Kabupaten Bekasi seperti stik ikan, abon, sambal cumi, serta makanan ringan lainnya. Kita sediakan makanan sampel agar calon pembeli bisa mencicipi sebelum beli. Kami juga menjual suvenir dan alhamdulillah banyak terjual," katanya.

Produk unggulan khas Kabupaten Bekasi terpajang pada gerai pameran dan bazar UMKM di area arena utama MTQ ke-38 Jawa Barat, Lapangan Plasa Pemkab Bekasi, Kamis. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Tati berharap kegiatan besar seperti ini sering diadakan di Kabupaten Bekasi agar dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat lokal.

"Sehingga kami para pelaku UMKM bisa terbantu dan produk-produk kami juga bisa lebih luas lagi dikenal masyarakat luar Bekasi," ucapnya.

Pengunjung asal Kafilah Kabupaten Majalengka Azis (35) mengaku terbantu dengan keberadaan bazar UMKM yang ada di arena panggung utama MTQ ke-38 Jawa Barat 2024.

"Karena mempermudah para kafilah di kala ingin berbelanja suvenir makanan khas Bekasi tidak usah mencari kemana-mana," katanya.

Azis juga mengapresiasi Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah atas kesuksesan menggelar MTQ Jawa Barat mulai dari pembukaan, pawai taaruf, hingga fasilitas dan kegiatan penunjang yang disiapkan secara matang.

"Kemudian dari aspek venue yang berdekatan antara satu dengan cabang lain, cukup berjalan kaki bisa sampai dengan cepat. Pokoknya penyelenggara MTQ tingkat provinsi Jawa Barat kali ini Kabupaten Bekasi sangat luar biasa dan ini bisa dicontoh oleh kabupaten maupun kota lain yang akan menjadi tuan rumah selanjutnya," kata dia.

Baca juga: Pj Gubernur promosi wisata industri kepada kafilah MTQ Jawa Barat
Baca juga: Pemkab Bekasi tayangkan daring lomba MTQ Jabar 2024
Baca juga: Puluhan gerai UMKM meriahkan MTQ Jawa Barat 2024

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024