Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan komitmennya untuk menyukseskan program "Merdeka Belajar" yang menjadi program  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dalam upaya mewujudkan  SDM berkualitas.

"Kami mendukung agar anak-anak Jakarta makin gemilang dalam berprestasi," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis, dalam pesannya memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.
 
Heru menjelaskan beragam tantangan dilakukan untuk mentransformasikan sebuah sistem dan mengubah perspektif tentang proses pembelajaran yang kini sudah menuju ke arah yang lebih baik.
 
Menjelang akhir masa kepemimpinan, Mendibudristek Nadiem Anwar Makarim dalam pesannya menyambut Hardiknas menyatakan akan menitipkan program "Merdeka Belajar kepada para penggerak perubahan untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.
 
Menanggapi amanat Mendikbudristek tersebut, Heru mendorong agar program "Merdeka Belajar" dapat mengantarkan cita-cita seluruh anak bangsa untuk dapat meraih kejayaan serta berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.
 
"Merdeka Belajar maka merdeka juga meraih cita-cita demi kejayaan Indonesia. Sukses Jakarta untuk Indonesia," ucap Heru lagi.
 
Pemprov DKI Jakarta mengingatkan pentingnya kebijakan "Merdeka Belajar" di Jakarta untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia yang berprofil pelajar Pancasila.
 
"Penting diingat karena wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, Jakarta, Kamis.
 
Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim juga menitip pesan kepada seluruh pihak di dunia pendidikan agar dapat melanjutkan semangat gerakan "Merdeka Belajar".
 
"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan 'Merdeka Belajar'," katanya dalam Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.
Baca juga: Pemprov DKI ingatkan pentingnya kebijakan Merdeka Belajar di Jakarta
Baca juga: Pemprov DKI apresiasi pelajar berprestasi dan disabilitas
Baca juga: Heru berharap generasi muda bisa kuliah hingga perguruan tinggi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024