Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pengamat pasar uang Ariston Tjendra menyatakan rupiah masih bisa menguat pada Jumat, terhadap dolar Amerika Serikat (AS) seiring pasar menyambut positif pernyataan Gubernur bank sentral AS, Jerome Powell.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS menguat 108 poin atau 0,67 persen menjadi Rp16.077 per dolar Amerika Serikat (AS) dari penutupan perdagangan sebelumnya sebesar Rp16.185 per dolar AS.

“Pasar masih menyambut positif pernyataan Jerome Powell, Gubernur bank sentral AS, pascarapat kebijakan moneter yang mengisyaratkan tidak adanya kenaikan suku bunga acuan AS tahun ini,” kata dia ketika ditanya Antara di Jakarta, Jumat.

Indeks dolar AS juga terlihat menurun pagi ini dari 105,25 menjadi 105,77.

Dia juga menilai data inflasi Indonesia pada bulan April 2024 yang baru dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Kamis (2/5) masih terjaga di kisaran target Bank Indonesia (BI), yakni 3,0 persen. Hasil ini dinilai dapat memberikan sentimen positif untuk rupiah.

“Potensi penguatan rupiah ke kisaran Rp16.100 hari ini, dengan potensi resisten di sekitar Rp16.200,” ucapnya.

Untuk malam ini, data Non-Farm Payroll (NFP) dan tenaga kerja lainnya akan dipublikasikan. Jika menguat, lanjutnya, maka dolar AS turut akan menguat.

Sebelumnya, data tenaga kerja AS yang dirilis hari Rabu (1/5) dan Kamis (2/5) menunjukkan datanya masih bagus. Misalnya data Automatic Data Processing (ADP) Non Farm Payrolls yang sebesar 192 ribu dari prediksi 179 ribu.

“Data malam nanti bisa memberikan sentimen baru untuk pergerakan rupiah pekan depan. Data dari AS masih menjadi anchor pergerakan USD-IDR,” ungkap Ariston.

Pada pekan depan, terdapat pula data Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan data neraca perdagangan China.

“Ini bisa memberikan sentimen positif (terhadap rupiah) kalau datanya bagus,” ujar dia.

Baca juga: BNI hati-hati salurkan kredit valas di tengah fluktuasi kurs rupiah
Baca juga: Ekonom nilai kenaikan BI-Rate dukung stabilitas nilai tukar rupiah
Baca juga: Sri Mulyani sebut pelemahan rupiah lebih baik dibandingkan negara lain


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024