Jakarta (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI mengajak Pemerintah Timor Leste, terutama Kementerian Dalam Negeri Timor Leste, untuk mengembangkan kerja sama dalam menangani kejahatan narkotika.

Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom mengatakan pengembangan kerja sama dimaksud bisa dilakukan melalui empat usulan kolaborasi, yakni perjanjian ekstradisi terkait kejahatan narkotika, pertukaran agen, penempatan staf dari BNN RI atau petugas penghubung (liaison officer/LO), serta melakukan analisis dan operasi bersama, baik darat, laut, maupun udara.

"Peredaran narkotika merupakan kejahatan terorganisir lintas negara yang saya percaya merupakan tantangan dan ancaman bagi Indonesia dan Timor Leste," ujar Marthinus dalam kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Dalam Negeri Timor Leste, Dili, Kamis (2/5), seperti dikutip dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan dalam penanganan permasalahan narkotika, pengawasan perbatasan menjadi perhatian khusus bagi BNN RI, salah satunya perbatasan Indonesia yang memiliki batas darat dan maritim dengan Timor Leste.

Selain dengan Kementerian Dalam Negeri Timor Leste, BNN RI turut membangun kerja sama dengan Badan Intelijen Nasional Timor Leste dalam mengatasi peredaran narkotika di wilayah perbatasan antar kedua negara.

Marthinus mengungkapkan kerja sama yang ingin dijalin seperti berbagi informasi, kebijakan, serta pelatihan bersama dalam pencegahan dan rehabilitasi.

Dia menilai dengan terus bekerja sama, berbagi data dan informasi intelijen, serta menerapkan strategi yang terkoordinasi, kedua negara dapat memperkuat kapasitas untuk memutus jaringan narkotika dan memastikan penegakan hukum.

BNN RI dan Pemerintah Timor Leste sebelumnya juga telah menjalin kerja sama dalam bidang pemberantasan dan hukum melalui Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pada 2011 yang telah berakhir pada 2021.

"Sampai tahun ini, BNN dan Policia Nacional de Timor-Leste (PNTL) masih membahas mengenai draf MoU yang nantinya akan ditandatangani kembali," tutur Marthinus.

Baca juga: BNN RI perkuat kerja sama dengan Kejaksaan Agung Korea cegah narkotika
Baca juga: BNN: Penggolongan narkotika ganja cair perlu uji di laboratorium
Baca juga: BNN RI musnahkan 9,4 kg narkotika dari Amerika dan narkotika lapas

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024