Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berkolaborasi bersama DepositoBPR by Komunal dengan menggelar sosialisasi edukasi finansial bertajuk ‘Kerja Keras, Investasi Berkelas’ untuk 200 pegawai LPS yang hadir beberapa waktu lalu.

“Masyarakat dapat melakukan investasi cerdas di Era 4.0. Pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai cara berinvestasi yang cerdas, aman, dan menjanjikan di era digital saat ini harus senantiasa ditingkatkan,” kata Direktur Group Pusat Pendidikan dan Pelatihan LPS Annas Iswahyudi, dikutip dari keterangan persnya, Jumat.

Saat ini, kegiatan investasi merupakan salah satu hal penting bagi masyarakat, terutama para pekerja kantoran. Menyadari bahwa investasi menjadi aset penting untuk menjaga stabilitas ekonomi di masa depan, sosialisasi edukasi finansial dinilai perlu dilakukan agar masyarakat lebih cerdik dalam mengatur keuangan mereka.

Baca juga: LPS salurkan klaim simpanan nasabah per 29 April sebesar Rp237 miliar

Baca juga: Ketua LPS: Lebih baik perbaiki sistem guna maksimalkan penyerapan PPN


Untuk meningkatkan pemahaman pegawai LPS tentang pentingnya investasi aman demi masa depan, DepositoBPR by Komunal menghadirkan dua orang narasumber ahli di bidangnya, yakni Samuel Ray dan Claudya Abednego.

Keduanya pun membagikan sejumlah kiat dalam mengelola keuangan dan investasi, mulai dari manajemen investasi ala pegawai kantoran, strategi memilih investasi aman, hingga cara melakukan diversifikasi portofolio.

Ada sejumlah strategi investasi aman untuk masa depan yang dapat dilakukan. Pertama, pentingnya memahami diri sebagai seorang investor, seperti mempelajari tipe investasi yang diinginkan.

Kedua, tetapkan tujuan finansial. Ketiga, pilihlah instrumen investasi yang aman dan pastikan bahwa lembaga pengelola investasi pilihan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (QJK). Terakhir, lakukan diversifikasi portofolio untuk meminimalisir risiko kerugian yang mungkin terjadi.

”Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat membuka wawasan mengenai pentingnya investasi yang aman dan memberikan solusi konkret melalui DepositoBPR by Komunal,” tutup Brand and Campaign Manager Komunal R. Anggoro Putro Wibowo.

Baca juga: LPS manfaatkan event lari untuk dorong peningkatan literasi keuangan

Baca juga: LPS dukung BPR "go public" sehingga pengelolaan semakin transparan

Baca juga: LPS: Nasabah tak perlu khawatir BPR bangkrut sebab simpanan dijamin

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024