Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (3/5) kemarin menjadi sorotan, mulai dari kondisi di Paniai sudah kondusif pasca serangan OPM hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menghadirkan ahli noken dalam persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024.

Berikut rangkuman berita hukum yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Kapolres: Situasi di Paniai relatif kondusif usai OPM serang patroli

Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur menyatakan, situasi di wilayah relatif kondusif usai OPM menyerang patroli dari Satgas Yonif 527/BY yang sedang berpatroli di sekitar Kampung Bibida, Distrik Bibida.

"Memang benar situasi keamanan di wilayah Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah relatif aman namun personel TNI-Polri tetap bersiaga," kata Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

2. Komnas HAM apresiasi Satgas Damai dalam melindungi hak masyarakat

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) Republik Indonesia (RI) memberikan apresiasi terhadap Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 dalam upaya menjaga dan melindungi hak asasi manusia terkhusus bagi masyarakat di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Komisioner Komnas HAM RI Uli Parulian Sihombing melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan, pihaknya menyambangi Posko Operasi Damai Cartenz - 2024 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan operasi damai cartenz dalam penegakan hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia di Kabupaten Intan Jaya," katanya.

Selengkapnya klik di sini.

3. Pangkogabwilhan: Tim gabungan dikerahkan pulihkan keamanan di Homeyo

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard TH Tampubolon mengatakan bahwa saat ini tim gabungan TNI dan Polri sudah berada di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah untuk memulihkan keamanan di wilayah itu dari gangguan OPM.

"Tim gabungan pada Jumat pagi telah tiba dan saat ini pemulihan keamanan sedang dilaksanakan," kata Pangkogabwilhan III dalam keterangan, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

4. Bareskrim tegaskan penetapan tersangka TPPU Panji Gumilang sudah sah

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan menegaskan bahwa penetapan tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap Panji Gumilang sudah sah dan akan dibuktikan dalam sidang praperadilan.

"Kalau dari pihak kepolisian penetapan tersangka sah dan berkekuatan hukum, namun akan diuji dalam sidang praperadilan," kata Whisnu dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

5. Ketua KPU minta MK hadirkan ahli noken di sidang sengketa pileg

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menghadirkan ahli yang memahami sistem noken di dalam persidangan sengketa Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024.

"Saya kira penting juga Mahkamah menghadirkan ahli yang memahami dan pernah riset tentang noken," kata Hasyim dalam sidang panel satu Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024 di Gedung I MK RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024