Jakarta (ANTARA) -
Pelatih Pelita Jaya Jakarta (PJ) Johannis Winar atau Ahang mengatakan masuknya klub tersebut dalam babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 diharapkan berdampak baik untuk perkembangan olahraga bola basket di Indonesia ke depan.
 
"Jadi dengan adanya perwakilan Indonesia di BCL Asia, mudah-mudahan memberikan dampak baik untuk kemajuan basket Indonesia," kata Ahang kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.
 
Ia meminta para pencinta basket di tanah air agar tidak lagi melihat PJ sebagai sebuah klub semata dalam liga basket Asia itu, karena yang dilakukan ke depannya adalah membawa dan mengharumkan nama negara di kancah internasional.
 
"Jadi jangan lihat klubnya lagi, tetapi mari lihat kepentingan atau kebutuhan untuk olahraga basket Indonesia ke depan," ujar dia.
 
Menurut dia, saat ini pengelolaan Indonesian Basketball League (IBL) sudah baik sehingga harus didukung untuk kemajuan bola basket di dalam negeri.
 
Antusias pencinta olahraga itu juga semakin banyak. Para pemangku kepentingan, tambah dia, juga sedang memperbaiki infrastruktur di tingkat nasional dan daerah secara perlahan demi peningkatan prestasi.
 
Oleh karena itu, dengan deretan fakta-fakta itu dia optimistis keikutsertaan PJ di BCL Asia yang berisi klub basket terbaik se-Asia akan berdampak positif untuk perkembangan bola basket Indonesia.
 
Baca juga: Dubai resmi jadi tuan rumah BCL Asia 2024pada Juni mendatang

Sebelumnya, Pelita Jaya Jakarta sudah melalui tahapan Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 sebanyak dua kali, yaitu di Ulaanbaatar (Mongolia) dan Jakarta.
 
Saat mengikuti kualifikasi dengan total enam pertandingan melawan perwakilan dari Malaysia, Thailand, Filipina, dan negara lain, PJ menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kalah selama tahapan kualifikasi.
 
Rekor 100 persen kemenangan ditorehkan Andakara Prastawa dkk sehingga menjadi prestasi yang membanggakan untuk Indonesia.
 
Kompetisi tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) guna mempertandingkan juara dan runner up di liga masing-masing negara di Asia.
 
Prawira Harum Bandung dan PJ adalah juara dan runner up IBL 2023, sehingga mewakili Indonesia untuk mengikuti kualifikasi kompetisi itu. Namun, langkah Prawira Harum harus terhenti karena gagal merebut tiket ke babak utama saat kualifikasi tahapan kedua di Jakarta.
 
Babak utama BCL Asia 2024 diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 9-15 Juni.
 
Kompetisi itu akan menjadi jalur bagi klub-klub Asia untuk lolos ke FIBA Intercontinental Cup yang merupakan kompetisi klub utama FIBA.

Baca juga: Prawira Harum Bandung gugur di putaran kedua Kualifikasi BCL Asia 2024
Baca juga: Perbasi apresiasi Pelita Jaya lolos babak utama BCL Asia 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024