Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Republik Indonesia menandatangani perjanjian hibah kota cerdas dengan Amerika Serikat dalam rangka mewujudkan Nusantara di Kalimantan Timur sebagai smart forest city.

Menurut Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi, pembangunan IKN merupakan kesempatan langka dalam melakukan pemindahan ibu kota di dunia.

"Kami mengundang kolaborasi internasional untuk menjadi bagian dalam pembangunan kota global yang modern dan berkelanjutan. Kami menghargai dukungan hibah United States Trade and Development Agency (USTDA) untuk memfasilitasi kolaborasi antara kedua negara di IKN," ujar Mohammed Ali Berawi di Jakarta, Sabtu.

Ali menyatakan apresiasinya atas dukungan pemerintah Amerika Serikat dalam membangun IKN sebagai kota cerdas.

Baca juga: Otorita IKN canangkan uji coba kereta otonom tanpa rel pada Juli

Sementara itu, Direktur USTDA Amerika Serikat Enoh T. Ebong menyatakan dukungan agensinya terhadap pembangunan IKN.

“Pembangunan IKN adalah pekerjaan yang luar biasa yang belum pernah saya lihat sebelumnya selama 20 tahun karir saya pada bidang pengembangan infrastruktur. Nusantara dapat melakukannya dengan kerja dan dedikasi yang sangat baik. Untuk itu, kami berterima kasih kepada OIKN atas kerja kerasnya sehingga kemitraan ini dapat diwujudkan dengan sangat baik dan kita dapat melakukan penandatanganan hibah ini. Hal ini menjadi simbol kerja sama yang kuat di antara kedua pemerintahan,” ujar Ebong.

USTDA merupakan lembaga independen pemerintah Amerika Serikat untuk memajukan pembangunan ekonomi dan kepentingan komersial Amerika Serikat di negara-negara berkembang.

“Forum ini dapat mendukung keberhasilan pembangunan IKN, memfasilitasi pertukaran pengalaman dan praktek terbaik dalam pembangunan kota cerdas, serta membuka peluang kerja sama dalam perencanaan dan implementasi,” kata Ebong.

Baca juga: OIKN bentuk kerja sama strategis bangun pendidikan bertaraf dunia

Selain itu, kerja sama antara Indonesia dan AS terus berlanjut dengan penandatanganan perjanjian hibah sebesar 2,49 juta dolar AS, dari pemerintah Amerika melalui USTDA.

Hibah ini akan digunakan untuk mendanai bantuan teknis terkait usulan penerapan teknologi dan solusi kota cerdas di IKN. Otorita IKN dan USTDA juga sedang dalam proses diskusi lanjutan untuk mempersiapkan kerjasama hibah bagi pilot project pembangunan command center tahap kedua.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024