Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berharap bakal calon kepala daerah dari partainya yang berkontestasi di Pilkada 2024 tak hanya mengejar kemenangan, namun harus mampu menjadi sosok solutif.

"PKB ingin lima tahun ke depan menjadi solusi, menjadi kekuatan jalan keluar menghadapi persoalan agar semua pembangunan tidak berjalan di tempat," kata Cak Imin, sapaan akrabnya saat membuka acara "Pembekalan Bacakada" di Surabaya, Sabtu.

Cak Imin mengatakan kemampuan kepala daerah memecahkan permasalahan berdampak pada langkah keberlanjutan pembangunan bangsa Indonesia.

Jika daerah tak turut terlibat, maka pemerintahan di tingkat pusat mengalami kesulitan dalam menentukan proses pengambilan dan pelaksanaan kebijakan.

Apalagi seiring perkembangan zaman, kompleksitas tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia juga meningkat, akibat kondisi geopolitik, krisis iklim, hingga perekonomian global yang serba tidak menentu.

"Tidak pilihan, kami harus berbenah menata kehidupan bangsa sehingga pembangunan bisa tepat untuk mengantisipasi kesulitan di masa yang akan datang," ujarnya.

Selain itu, dia berpesan seluruh bakal calon kepala daerah di Jawa Timur harus melaksanakan tugas-tugas politik dengan tetap mempertahankan pondasi kebangsaan.

"Supaya konsolidasi politik nasional berjalan baik, kualitatif, dan bermanfaat bagi kehidupan bangsa di masa depan," ucap dia.

Oleh karena itu, menyambut pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 pada 27 November, setiap bakal calon kepala daerah dari PKB telah diinstruksikannya menyusun visi-misi yang selaras dengan gagasan dan rencana partai.

"Pilkada membutuhkan waktu untuk mempersiapkan dengan sistematis, bakal calon yang diusung PKB tidak hanya menang tetapi harus sukses memimpin daerahnya," kata dia.

Sementara, agenda "Pembekalan Bacakada" dihadiri mulai dari kader serta pengurus PKB tingkat pusat hingga kabupaten/kota se-Jawa Timur, diantaranya, Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, Ketua PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Bupati Lumajang periode 2018-2023 Thoriqul Haq, sampai Ketua PKB Surabaya Musyafak Rouf.

Selain tokoh internal, acara tersebut juga dihadiri beberapa bakal calon kepala daerah, seperti Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024