Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten Luwu.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel di Makassar, Minggu, mengatakan bantuan yang kembali disalurkan Pemkot Makassar itu berkolaborasi dengan IKA Unhas, karena sebelumnya pemkot juga sudah menyerahkan bantuan yang sama.

"Ini bantuan lanjutan kolaborasi dengan IKA Unhas Sulsel. Sebelumnya atas nama pemerintah kota sudah salurkan bantuan, termasuk tim relawan dari Dinas Pemadam Kebakaran," ujarnya.

Baca juga: Basarnas bagi lima tim cari anak korban banjir yang hilang di Luwu

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan IKA Unhas Sulsel saat ini sedang melakukan penggalangan bantuan yang selanjutnya akan disalurkan kembali, di antaranya makanan siap saji, air, popok bayi, pembalut untuk wanita, sarung, selimut dan obat-obatan.

Sementara itu, pengurus IKA Unhas Sulsel Sakka Pati sudah menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk membantu kelancaran pendistribusian bantuan kemanusiaan tersebut.

"Tadi kami sudah rapat koordinasi antara Ika Unhas Sulsel dengan Pak Wali Kota Makassar untuk kegiatan IKA Unhas Peduli. Besok subuh rencananya kita berangkat," katanya.

Ia mengungkapkan pihaknya menyiapkan berbagai item bantuan logistik dan obat-obatan, termasuk bantuan tenaga medis dokter dan tim penyelamat dari IKA Unhas Sulsel.

"Jadi, item bantuannya lebih ke kebutuhan pasca-bencana," ucapnya.

Selanjutnya, timnya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pengurus IKA Unhas Daerah, seperti di wilayah Sidrap, Wajo dan Luwu untuk menyambangi titik lokasi penerima bantuan.

Sebelumnya tim Damkar Makassar berangkat pukul 01.00 Wita guna bergabung dalam proses evakuasi korban bencana banjir dan longsor.

Baca juga: Mantan Gubernur Sulsel salurkan 60 ton beras bagi korban banjir Luwu

Baca juga: Basarnas: Korban jiwa bencana banjir di Luwu menjadi 10 orang


Kadis Damkar Kota Makassar Hasanuddin memberikan arahan kepada seluruh personel agar tetap memperhatikan beberapa hal.

"Tetap memprioritaskan etika, keselamatan dan menerapkan SOP dalam upaya penyelamatan serta melakukan koordinasi dan pelaporan secara teratur kepada pihak yang bertanggung jawab di lokasi bencana," ucapnya.

Timnya membawa satu unit armada Dalmas dan satu unit armada rescue, lengkap dengan perahu karet dan perlengkapan lainnya.

Kehadiran bantuan ini menjadi bentuk nyata dari solidaritas dan kepedulian Pemkot Makassar terhadap masyarakat Luwu, Wajo, Sidrap dan lainnya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024