Makassar (ANTARA) - TNI Angkatan Udara (AU) menurunkan Helikopter Carakal H-225M guna mendistribusikan bantuan logistik sekaligus mengevakuasi warga yang masih terisolasi dampak dari bencana di wilayah pegunungan Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan.

"Bantuan yang didistribusikan berupa paket makanan dan obat-obatan untuk disalurkan kepada masyarakat korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Latimojong," kata Panglima Koopsud II Marsda TNI Budhi Achmadi melalui siaran persnya yang diterima di Makassar, Minggu.

Dia menjelaskan, helikopter tersebut dari Skadron Udara 8 yang dikemudikan oleh pilot Letnan Satu (Lettu) Korps Penerbang (Pnb) Yogie Pradana dan Co Pilot Lettu Pnb Ardy Septiantara, akhirnya berhasil menembus lokasi setempat, setelah sebelumnya terhambat akibat cuaca buruk menuju lokasi sejak kemarin.

Dalam misinya Helikopter Carakal H-225M TNI AU membawa bantuan berupa makanan dan obat-obatan seberat satu ton untuk diberikan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor di kecamatan setempat.

Dalam sehari Helikopter Caracal H-225M TNI AU berhasil membawa bantuan seberat empat ton yang dibagi menjadi empat sorties (perjalanan).

Tiba di lokasi bencana Desa Pajang, Tim Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) dari Batalyon 466 Kopasgat dipimpin Letda Pas Krisna Bayu langsung menurunkan bantuan untuk didistribusikan kepada masyarakat setempat.

Usai mendistribusikan bantuan, Helikopter Caracal H-225M TNI AU juga melaksanakan evakuasi terhadap sejumlah warga yang memerlukan pertolongan medis dan darurat usai bencana tersebut ke Belopa, Kota Kabupaten Luwu.

Berdasarkan data kependudukan, Kecamatan Latimojong memiliki 12 desa yakni Rante Balla, Kadundung, Ulusalu, Lambanan, Tabang, Boneposi,Pangi, Pajang, Buntu Sarek, To'barru, Tibussan, dan Tolajuk. Jumlah penduduknya sebanyak 6.609 jiwa dengan 2.028 kepala keluarga (KK).

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2024