Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan Tangerang Hawks Basketball 95-84 dalam laga IBL di Indomilk Arena Tangerang Banten pada Minggu.

Jarred Shaw menyelesaikan laga dengan double-double 24 poin dan 11 rebound, Mycheal Henry menambahkan 14 poin, 8 assist, dan 7 rebound, sedangkan  Abraham Damar Grahita yang mencetak 12 poin untuk Satria Muda memberikan lima kekalahan beruntun untuk Hawks.

Salah satu faktor yang menjadi pembeda dalam laga ini adalah kontribusi pemain cadangan Satria Muda yang mengoleksi 39 poin.

Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia Dame Diagne mencetak 21 poin dan 9 rebound dari bangku cadangan, sementara Widyanta Putra Teja  menambahkan 10 poin dan 5 assist.

"Kami kalah dua kali berturut-turut, sehingga kami mencoba untuk lebih baik," kata Jarred Shaw. "Lebih penting adalah menikmati permainan kami. Berusaha untuk tidak bermain dalam tekanan."

Dua pekan lalu, Satria Muda menelan kekalahan menyakitkan dua kali berturut-turut dalam laga kandang saat menjamu Satya Wacana Salatiga dan Kesatria Bengawan Solo.

Satria Muda yang ingin mengakhiri tren buruknya, berusaha menyerang Hawks dengan cepat sejak awal. Mereka berhasil unggul 30-23 dalam seperempat pertandingan pertama. 

Baca juga: Prawira Harum Bandung balas kekalahan Rans Simba Bogor saat bertandang

Namun Hawks mengimbangi permainan SM dan tetap menjaga jarak aman dengan tamunya lewat enam tembakan tripoin pada kuarter kedua.

Tuan rumah kembali membuat kejutan ketika Hawks dua kali menyamakan kedudukan. Tapi konsistensi mereka dalam menjaga momentum tak selalu berakhir baik sehingga Hawks tetap tertinggal sepanjang kuarter tiga.

Pada awal kuarter empat, Hawks sempat memberikan perlawanan lewat tembakan tripoin Gabriel Risky yang memangkas selisih poin tinggal tiga angka pada kedudukan 72-75. Namun lagi-lagi Hawks kehilangan momentum dan sebaliknya Satria Muda kembali menguasai laga.

Hawks tertinggal 12 poin (76-88) pada pertengahan laga. Upaya Hawks menyusul Satria Muda pupus setelah Dame Diagne mencetak tembakan tiga angka pada satu menit tersisa.

Steven Green mencetak 21 poin, 9 rebound, dan 5 assist untuk Hawks. Tiga pemain Hawks lain juga tampil gemilang dengan torehan poin dua digit, yaitu Morakinyo Williams 17 poin dan 12 rebound, Gabriel Batistuta Risky 15 poin yang di antaranya dibuat lewat 4 tripoin, dan Danny Ray 10 poin.

Satria Muda memetik kemenangan kesembilan dari total 14 pertandingan (9-5). Sementara Hawks kini menduduki  peringkat ke-12 dengan 4 menang dan 9 kali kalah (4-9).

Baca juga: Kalahkan Hawks, Rajawali Medan akhiri lima kekalahan beruntun

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024