Gianyar, Bali (ANTARA) - Tim Korea Utara menghajar Korea Selatan dengan skor 7-0 pada pertandingan grup A Piala Asia Putri U17 di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin.

Pertemuan kedua negara bertetangga di Semenanjung Korea itu menjadi pertandingan pembuka kompetisi sepak bola putri bergengsi tingkat Asia tersebut.

Tim Korea Utara U17 tampil menyerang sejak awal babak pertama dimulai yang dikawal oleh wasit asal China, Yu Hong.

Skuad dengan jersi berwarna merah itu terus merangsek lini pertahanan Korea Selatan, yang juga sibuk mempertebal pertahanan.

Selama 15 menit pertandingan berlangsung, tim asuhan pelatih Kim Eunjung itu baru dapat menembus pertahanan Korut.

Meski begitu, tim Korut yang berada di bawah asuhan pelatih Song Sung Gwon itu unggul lebih dulu 1-0 melalui tendangan penalti oleh Ri Kuk Hyang pada menit me-38.

Wasit memberikan hadiah penalti setelah menilai ada pelanggaran yang dilakukan pemain Korea Selatan di area terlarang.

Tim lawan dengan jersi hitam-hitam itu tak mampu menandingi Korut lebih gesit merebut bola yang sebelumnya dikuasai pemain Korsel.

Penyerang tim Korea Utara, Ho Kyong menambah skor negara itu menjadi 2-0 yang dieksekusi manis pada menit tambahan babak pertama.

Baca juga: Zaira ungkap Indonesia punya keuntungan kecepatan dibanding Filipina


Tak butuh waktu lama setelah kedua tim turun minum, negeri yang dipimpin Kim Jong Un itu kembali memimpin pertandingan dengan gol ketiga dan keempat, berturut-turut dieksekusi oleh Jon Il Chong pada menit ke-46 dan 51.

Tiga menit kemudian, Ho Kyong yang memiliki nomor punggung 10 itu kembali membobol gawang Korsel yang tak mampu diantisipasi kiper Woo Sumin, sehingga kedudukan menjadi 5-0 pada menit ke-54.

Serangan-serangan yang dilancarkan Korea Selatan dominan terhenti di lini tengah dan jalannya pertandingan langsung dikuasai oleh Korea Utara.

Terbukti, gol keenam kembali menjebol gawang Korsel melalui sepakan kaki pemain Korut nomor 11, Choe Rim Jong pada menit ke-60.

Gol hattrick Jon Il Chong pada menit ke-89 menyempurnakan tiga poin Korea Utara dengan perolehan skor akhir 7-0 tanpa balas dari Korea Selatan.

Sementara itu, partai kedua grup A dijadwalkan mempertemukan tuan rumah Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia U17 melawan Timnas Filipina di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali pukul 19.00 Wita/18.00 WIB.

Baca juga: Bali jadi saksi pertarungan delapan tim di Piala Asia Putri U17 2024

Berikut susunan pemain.

Korea Utara:

Pak Ju Gyong, Ri Ye Gyong, Jon Il Chong, So Ryu Gyong, Ho Kyong, Choe Yon A, Pak Il Sim, Choe Il Son, Ri Pom, Ri Kuk Hyang, Ro Un Hyang.

Pelatih kepala: Song Sung Gwon.

Korea Selatan:

Woo Sumin, Shin Dain, Shin Sunghee, Noh Sieun, Kim Yeeun, Beom Yeju, Won Jueun, Seo Minjeong, Park Jiyu, Phair Casey Yujin, Han Gukhee.

Pelatih Kepala : Kim Eunjung

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024