Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kembali menekankan misi pertahanan kepada sekitar 1.000 orang pegawai Kementerian Pertahanan RI saat acara halalbihalal di Jakarta, Senin.

Prabowo dalam sambutannya menjelaskan misi pertahanan menentukan keberlangsungan suatu bangsa, terutama untuk Indonesia yang mempunyai visi menjadi negara maju pada 2045.

"Misi pertahanan adalah misi yang sangat menentukan. Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tujuan nasional kita yang pertama adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, kemudian memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Prabowo.

Baca juga: Menhan Prabowo pimpin Upacara Parade Senja di Kemhan

Oleh karena itu, Prabowo menginstruksikan seluruh pegawai Kemhan untuk merenungkan kembali misi pertahanan yang diamanatkan dalam UUD 1945 dan menjalankan tugasnya dengan profesional dan penuh dedikasi.

Menhan juga menekankan persatuan menjadi faktor penting yang menentukan pertahanan suatu negara, termasuk Indonesia yang penduduknya terdiri atas ragam suku, ras, agama, dan golongan.

"Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai agama, banyak suku, banyak ras, tetapi satu nasib, satu masa depan, dan satu takdir," kata Prabowo.

Baca juga: Prabowo dan Menhan Malaysia jajaki kerja sama pertahanan lebih erat

Dalam acara halalbihalal itu, Prabowo juga mengucapkan selamat merayakan Hari Kenaikan Isa Al-Masih kepada pegawai Kemhan yang merayakan hari raya itu pada 9 Mei.

"Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita semua diterima Yang Maha Kuasa, dan juga bagi saudara-saudara yang beragama Kristiani selamat merayakan Kenaikan Isa Al-Masih pada tanggal 9 Mei yang akan datang," kata Prabowo.

Dalam acara itu, Prabowo didampingi jajaran pejabat Kementerian Pertahanan dan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan.

Prabowo Subianto, yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, pada 20 Oktober 2024 akan dilantik sebagai Presiden ke-8 RI bersama wakilnya, Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Prabowo tetap jabat Menhan hingga dilantik jadi presiden 
Baca juga: Menhan Prabowo hadiri halalbihalal di rumah dinas Menko Airlangga

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024