Serang (ANTARA) - Bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon Gubernur ke DPW PAN.

"Saya mempunyai sejarah panjang dengan PAN, dimana pada tahun 2016 PAN adalah partai politik yang pertama mengusung saya menjadi Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Saya berharap PAN menjadi bagian di Pilkada Banten,” ujar Airin di Serang, Banten, Senin.
 
Proses pendaftaran maupun komunikasi dilakukan Airin, ke semua partai politik, bukan dalam rangka membentuk koalisi besar. Namun menurutnya, pembangunan Banten ke depan butuh kebersamaan dari partai politik yang memiliki kursi di DPRD Banten.
 
"Tidak hanya saat pencalonan, ketika diberi amanah menjadi gubernur Banten, PAN juga punya fraksi di DPRD Banten. Saya berharap, kita bisa bersama dan bekerja bersama-sama dalam rangka memberikan manfaat, maslahat, dan selamat dunia akhirat,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan telah mendaftar ke semua partai yang membuka penjaringan calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Saya sebagai orang yang ditugaskan dan diamanatkan oleh Partai Golkar untuk menjalin komunikasi kepada partai yang turut berpartisipasi dalam Pilkada Banten, karena pengalaman saya di Tangsel tidak bisa bekerja sendiri," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Provinsi Banten Syafrudin, mengatakan bahwa para bakal calon yang mendaftar, harus mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan oleh PAN. Kemudian pada tahap akhir, keputusan dukungan berada di tangan pimpinan pusat atau DPP PAN.

"Formulir ini akan kita sampaikan, siapapun yang diusung nanti DPP PAN yang menentukan, sementara dari internal PAN sendiri belum ada," katanya.
Baca juga: Pengamat: Calon Gubernur DKI wajib berpasangan dengan tokoh NU
Baca juga: Pengurus NU Jakarta Utara diminta doakan Airin bisa pimpin Jakarta

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024