Makassar (ANTARA) -
Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar kini hadir di Kota Makassar atas kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Austria.
 
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bersama Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Austria Philipp Roessl, Plt Ditjen Bina Lavatos Kementerian Ketenagakerjaan hadir meresmikan BLK Maritim itu di Makassar, Selasa.
 
Menaker Ida Fauziyah mengatakan, guna menjawab tuntutan kemajuan dunia usaha dan dunia industri pihaknya terus membuka diri untuk kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), salah satunya dalam bentuk kerja sama yang telah dilakukan dengan Pemerintah Austria.
 
Untuk itu, ia sangat mengapresiasi Pemerintah Austria yang diwakili Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Austria untuk Indonesia atas komitmen mereka membiayai pengembangan BLK Maritim dengan nilai Rp711 miliar itu.
 
"Ini dilakukan dengan skema soft loan, bunganya nol persen dan program ini dilaksanakan di BBPVP Medan, BBPVP Serang dan di BBPVP Makassar," katanya pada Inauguration of School Operation kerja sama Indonesia - Austria di BLK Maritim BBPVP Makassar di Aula Syekh Yusuf BBPVP Makassar.
 
Ketiga daerah itu, lanjutnya, telah melakukan inaugurasi dan Makassar adalah daerah yang terakhir melakukannya.
 
Tidak hanya itu, Ida Fauziyah juga berharap kehadiran pelatihan berbasis kompetensi bidang maritim ini dapat memberi kontribusi terhadap penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Sulawesi Selatan yang saat ini berada pada angka 4,33 persen.
 
Pada kesempatan itu juga dilakukan pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan II, dan pembukaan Program PBK Bidang Maritim Internasional.

Baca juga: Menaker bertemu perwakilan Jepang bahas aturan baru bagi pekerja asing

Baca juga: Menaker pastikan pemerintah terus upayakan peningkatan kompetensi SDM
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024