Beijing (ANTARA) - Pesawat amfibi berbadan besar AG600 yang dikembangkan secara mandiri oleh China sukses menyelesaikan uji verifikasi awal untuk kemampuan penyelamatan di medan perairan, kata Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Sebuah peragaan teknologi pesawat AG600 dilaksanakan pada akhir April lalu di waduk Bandar Udara Zhanghe yang juga merupakan bandara pesawat amfibi di Jingmen, Provinsi Hubei, China tengah, untuk uji verifikasi kemampuan penyelamatan di air, kata AVIC, produsen pesawat terkemuka di China.

Langkah ini merupakan kunci bagi pesawat amfibi berbadan besar AG600 untuk dapat secara efektif memenuhi permintaan yang muncul dari program pembangunan sistem penyelamatan darurat China.

Kemajuan ini juga menandai terobosan besar baru bagi keluarga pesawat AG600 dan memberikan dukungan teknologi untuk pengembangan lebih lanjut dari varian pesawat pencarian dan penyelamatan, imbuh pengembang pesawat tersebut.

Keluarga pesawat amfibi berbadan besar AG600 buatan China sedang dikembangkan sebagai peralatan penerbangan canggih yang vital untuk memperkuat kemampuan upaya penyelamatan darurat China.

Rangkaian pesawat ini dirancang untuk melaksanakan misi penyelamatan, seperti pemadaman kebakaran serta pencarian dan penyelamatan di segala jenis medan di seluruh wilayah negara itu.

Pesawat amfibi seri AG600 memiliki konfigurasi unik yang terdiri dari badan atas yang berbentuk pesawat dan terintegrasi dengan badan bawah yang berbentuk lambung kapal.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024