Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku masih menunggu rekomendasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengisi jabatan kosong di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
 
"Keterbatasan saya, harus ada rekomendasi, dari BKN, dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), dari Mendagri. Kalau salah satu dari itu belum keluar, bagaimana saya mau lakukan pelantikan?" kata Heru di saat ditemui di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Heru menyebut, sudah membicarakan terkait kekosongan jabatan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini bersama pihak terkait sejak Januari 2024 demi memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.
 
Selain itu, Heru menjelaskan, setiap jabatan yang kosong, baru bisa diumumkan dan mengajukan permohonan rekomendasi ke BKN dan Kemendagri.
 
"Mengusulkan kandidat untuk eselon II harus izin. Begitu usulan sudah ada, harus izin lagi. Saya tinggal tunggu salah satu izin kementerian, setelah itu saya lantik," ujar Heru.

Baca juga: DPRD desak DKI segera isi kekosongan jabatan demi pelayanan optimal
 
Sebelumnya, DPRD DKI mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk segera mengisi kekosongan jabatan fungsional dan struktural pada sejumlah pos strategis di lingkungan pemerintah daerah itu demi pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal.
 
"Kami meminta Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) agar segera menunjuk pejabat definitif untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut," kata anggota DPRD DKI Neneng Hasanah di Jakarta, Jumat (3/5).
 
Menurut dia, sejauh ini masih banyak jabatan struktural dan fungsional di Pemprov DKI Jakarta diisi rangkap jabatan atau Pelaksana tugas (Plt).

Ia mengharapkan, jika ada percepatan penempatan pejabat definitif itu maka ada optimalisasi pelayanan kepada warga.
 
Adapun jabatan eselon II yang kosong dan dilelang antara lain Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah dan Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Sekretariat Daerah.

Baca juga: Masih ada jabatan kosong, BKD DKI sedang proses seleksi tiga besar
 
Lalu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Pendidikan Jakarta dan Sekretaris DPRD DKI Jakarta serta Kepala Dinas Sumber Daya Air Jakarta.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024