Kota Gorontalo (ANTARA) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) memperkuat jalinan kerja sama peningkatan publikasi ilmiah antarperguruan tinggi di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Direktur kerjasama IPB Jaenal Effendi di Gorontalo, Rabu, mengatakan, melalui kerja sama itu IPB mengajak UNG serta universitas yang ada di Gorontalo untuk mewujudkan perguruan tinggi yang bagus, perguruan tinggi yang bisa disegani, dihargai dan baik di level internasional.

"Untuk membawa dampak perubahan setiap perguruan tinggi harus bisa menjadi perguruan tinggi yang proaktif, perguruan tinggi yang bisa mengoptimalkan peluang-peluang kesempatan yang ada, serta perguruan tinggi yang cerdas dalam memoles setiap rencana ke depannya," ucap dia.

Berdasarkan aturan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2014 tentang Kerjasama Perguruan Tinggi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Wakil Rektor bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi UNG, Harto S. Malik, menyambut baik upaya kerja sama dari pihak IPB dalam hal meningkatkan serta memajukan reputasi perguruan tinggi.

"Ucapan terima kasih kepada IPB dengan upayanya dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kita mendapat regulasi di tempat ini untuk memacu bagaimana perguruan tinggi dapat meningkatkan reputasinya, kapasitasnya, salah satunya adalah dengan menghasilkan produk-produk ilmiah atau publikasi," kata dia.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para pimpinan universitas yang ada di Gorontalo, yakni pimpinan Universitas Gorontalo, Universitas Pohuwato, Universitas Ichsan Gorontalo, Universitas Ichsan Gorontalo Utara, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo, Universitas Bina Mandiri, dan Universitas Bina Taruna.

Baca juga: Program UNG mengajar menyasar sekolah terpencil di Gorontalo

Baca juga: Pakar: Penutur bahasa Gorontalo semakin berkurang 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024