Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengajak generasi muda ikut aktif mengawal penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi agar tepat sasaran dan tepat volume.

"BBM bersubsidi tidak untuk semua orang. Di dalam BBM subsidi itu ada uang negara, sehingga harus didistribusikan dengan tepat sasaran. Teman-teman generasi Z ini bisa membantu menyuarakan bahwa BBM subsidi hanya diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu dan konsumen tertentu lainnya, sesuai aturan yang berlaku," kata Kepala BPH Migas Erika Retnowati saat acara Temu Kawan BPH Migas bertema "Kongkow Berenergi: Hilir Migas On Duty", di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (8/5).

Dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, Erika menambahkan tak hanya itu, anak muda juga dapat membantu mengawasi pendistribusian BBM subsidi, mengingat hingga saat ini masih ada pihak-pihak yang menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi.

"Kalau misalnya teman-teman melihat di SPBU ada orang yang bolak-balik mengisi BBM subsidi untuk kendaraan, kemungkinan itu dijual lagi ke pihak lain, tidak digunakan sendiri. Padahal, BBM bersubsidi itu tidak boleh diperjualbelikan. Untuk itu, silakan dilaporkan ke helpdesk BPH Migas di nomor 081230000136," ujar Erika.

Upaya lainnya yang dapat dilakukan generasi muda adalah membuat konten-konten positif, misalnya mengenai BBM subsidi dan konsumen yang berhak menerimanya seperti transportasi darat, pertanian, perikanan, layanan umum, dan UMKM, serta menyebarluaskannya melalui media sosial.

"Generasi muda saat ini akrab dengan media sosial. Bisa juga membuat konten-konten positif tentang aturan BPH Migas atau BBM bersubsidi. Itu akan sangat membantu kami menjalankan tugas dan fungsi agar BBM subsidi ini hanya dinikmati oleh mereka yang memang berhak," katanya.

Erika melanjutkan dalam mengawasi BBM bersubsidi, BPH Migas bekerja sama dengan berbagai pihak seperti aparat penegak hukum (APH), pemerintah daerah, serta kementerian atau lembaga terkait.

Dengan dukungan dari generasi muda, diharapkan tujuan pemberian subsidi untuk meningkatkan daya beli masyarakat dapat terwujud.

Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon S menambahkan sesuai amanat UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, BPH Migas memiliki tugas mengatur, menetapkan, dan mengawasi ketersediaan dan distribusi BBM, cadangan BBM nasional, pemanfaatan fasilitas pengangkutan dan penyimpanan BBM, tarif pengangkutan gas bumi melalui pipa, harga gas bumi untuk rumah tangga dan usaha pelanggan kecil, serta pengusahaan transmisi dan distribusi gas bumi.

"Agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati harga BBM yang sama, pemerintah juga membuat kebijakan BBM Satu Harga yang dilaksanakan sejak 2017. Hingga 2024 ditargetkan terbangun 583 penyalur BBM Satu Harga," ujarnya.

Di samping itu, menurut dia, pada 2023, sesuai hasil verifikasi on desk dan pengawasan distribusi BBM di lapangan, telah menyelamatkan uang negara Rp62,65 miliar.

Kegiatan "Kongkow Berenergi" ini pertama kali diselenggarakan BPH Migas dengan tujuan memberikan edukasi kegiatan hilir migas dan isu-isu terkini bidang energi.

Tema "Kongkow Berenergi: Hilir Migas On Duty" menggambarkan semangat BPH Migas menjaga ketersediaan energi yang terjangkau bagi masyarakat, diiringi pengaturan dan pengawasan intensif menjaga subsidi BBM tepat sasaran dan tepat volume.

"Saat bersamaan, juga sebagai dukungan nyata atas komitmen Indonesia dalam penyediaan energi bersih melalui peningkatan pemanfaatan gas bumi dalam negeri," katanya lagi
Narasumber pada acara Temu Kawan BPH Migas bertema "Kongkow Berenergi: Hilir Migas On Duty", di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (8/5/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Turut hadir sebagai narasumber Bresca Merina, Dosen FISIP Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta yang mengangkat peran perempuan menuju Generasi Emas 2045.

"Perempuan itu harus bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpinya. Untuk mewujudkan Generasi Emas melalui pendekatan kualitas perempuan, harus dilakukan dari sekarang. Oleh karena itu, perempuan Indonesia harus jeli melihat peluang yang ada untuk mendukung kemajuan bangsa," katanya pula.

Bresca melanjutkan peluang di industri hilir migas masih menjanjikan dan menjadi angin segar bagi perempuan Indonesia.

Perempuan Indonesia dalam dunia hilir migas adalah perempuan yang tangguh, mandiri, dan mampu menghadapi setiap perubahan, katanya lagi.

Group Head Sales and Customer Management PGN Edi Armawiria menyampaikan proses bisnis gas bumi, serta pentingnya pembangunan infrastruktur gas melalui pipa yang terintegrasi agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

"Penyiapan infrastruktur gas yang terintegrasi harus kita kawal supaya bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. Infrastruktur pipa gas ini sudah ada mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sorong pun juga sudah ada," ujarnya pula.
Baca juga: BBM subsidi tepat sasaran, BPH Migas apresiasi dukungan DPR dan pemda
Baca juga: BPH Migas perkuat pengawasan BBM subsidi agar tepat sasaran di Babel

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024