Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam menerima bantuan berupa 20 kursi roda dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) untuk mempermudah layanan bagi calon haji lanjut usia (lansia).

Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Mahbub Daryanto di Batam, Sabtu, mengatakan pada tahun ini pihaknya juga mencatat 14 calon jamaah haji yang membawa kursi roda

"Banyak yang membawa kursi roda juga dari Indonesia, kemarin yang tercatat 14 orang yang memang harus menggunakan kursi roda sampai di Arab Saudi dan sampai kembali ke Indonesia," kata Mahbub.

Dalam proses pelaksanaan haji, kata dia, PPIH melakukan perlakukan khusus terhadap calon haji lansia mulai dari penempatan kamar di lantai dasar, pemberian layanan kesehatan dan dokumen keberangkatan, hingga pemberian makanan.

Baca juga: Kemenag minta PPIH berikan layanan prioritas pada calon haji lansia

Selain itu saat pelepasan calon jamaah haji secara seremonial, kata dia, para lansia juga tidak diikutsertakan untuk menjaga stamina para calon haji.

"Jadi mereka nanti kita persiapkan, kita dorong dan antarkan pakai ambulans," ujar dia.

Mahbub mengatakan pelepasan calon jamaah haji kloter 1 dilaksanakan pada Ahad (12/5) sekitar pukul 03.00 WIB.

"Alhamdulillah kloter 1 ini akan diberangkatkan, terdiri dari Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna. Insya Allah akan kami lepas nanti subuh (besok) karena pesawat akan terbang jam 6.59 WIB dari Bandara Hang Nadim Batam," kata dia.

Baca juga: Embarkasi Batam sarankan JCH lansia tidak turun bus saat ambil miqat
Baca juga: Kemenag: PPIH Batam harus berikan pelayanan maksimal CJH lansia

 
 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024