Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) mengerahkan ratusan personel ke lokasi yang terdampak bencana untuk memberikan penanganan serta pertolongan terhadap warga, pada Ahad.

Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) telah dilakukan di halaman Polda Sumbar yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Polda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono.

"Apel yang dipimpin oleh Wakapolda menandai penggeseran ratusan personel ke lokasi bencana di Sumbar," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan di Padang.

Ia mengatakan personel yang dikerahkan itu berasal dari Direktorat Samapta, Direktorat Polairud dan Biddokkes Polda Sumbar.

Baca juga: Jumlah korban banjir meninggal di Agam Sumbar bertambah jadi 15 orang

Baca juga: Pemprov Sumbar prioritaskan perbaikan jalan Malalak terkait bencana 


Ratusan personel dikirim ke tiga lokasi yang terdampak yaitu ke Polres Bukittinggi, Polres Tanah Datar dan Polres Padangpanjang yang diketahui terdampak oleh banjir dan lahar dingin Gunung Marapi.

"Personel Polda Sumbar yang dikerahkan itu bertugas untuk membantu berbagai kebutuhan warga yang ada di lokasi bencana," ucapnya.

Mulai dari upaya pencarian korban, evakuasi, penyelamatan, pemenuhan kebutuhan makan serta minum warga yang terdampak, dan lainnya.

Selain mengerahkan personel, Polda Sumbar juga menurunkan mobil "water treatment" yang berfungsi untuk penyediaan air bersih kepada warga.

Pihak Kepolisian juga menurunkan unit K-9 atau anjing pelacak untuk membantu upaya pencarian korban hilang bersama dengan instansi terkait lainnya.

"Polda Sumbar juga akan mendirikan sejumlah dapur umum di lokasi bencana untuk kebutuhan konsumsi, kita harus saling bahu-membahu dalam kondisi bencana ini," katanya.*

Baca juga: Gubernur perintahkan RSAM Bukittinggi terima semua korban bencana

Baca juga: BPBD laporkan 13 warga Sumbar meninggal akibat banjir lahar dingin

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024