Jakarta (ANTARA) - SVP Marketing dan Communications Kredivo Indina Andamari menyampaikan bahwa jumlah pengguna Kredivo dari luar Pulau Jawa meningkat sebanyak 37 persen selama Ramadhan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

“Kenaikan ini terutama terlihat di kota-kota prioritas Kredivo, seperti Medan, Batam, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda, Denpasar, Manado, dan Makassar,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan layanan buy now pay later (BNPL/paylater) semakin meluas dan populer di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain di luar Pulau Jawa, ia mengatakan bahwa kenaikan jumlah pengguna juga terjadi di wilayah non-Jabodetabek, yakni sebesar 25 persen yoy.

Pihaknya juga mencatat bahwa jumlah pengguna selama Ramadhan 2024 didominasi oleh generasi muda di bawah 35 tahun sebanyak 71 persen.

Terkait jumlah transaksi, Indina menuturkan bahwa para pengguna rata-rata bertransaksi sebanyak lima kali dengan puncak transaksi terjadi para periode awal hingga pertengahan Ramadhan, yaitu pada 12-31 Maret 2024.

“Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan paylater untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadhan sebelum menerima THR (Tunjangan Hari Raya) dari perusahaan,” ujarnya.

Ia menyatakan bahwa peningkatan penggunaan secara signifikan terjadi pada kategori belanja kebutuhan sehari-hari (groceries) sepanjang awal Ramadhan serta pada kategori fesyen selama pertengahan bulan suci umat Muslim tersebut.

Selanjutnya, Indina juga menyampaikan bahwa selama Ramadhan 2024, peralatan dan kebutuhan rumah tangga merupakan kategori produk yang memiliki jumlah dan nilai peningkatan transaksi tertinggi dibandingkan tahun lalu, disusul dengan produk kesehatan dan kecantikan serta produk pulsa dan voucher.

Sementara itu, kategori produk yang memiliki jumlah dan nilai transaksi terbesar selama Ramadhan tahun ini adalah produk pulsa dan voucher.

“Ini menandakan bahwa paylater telah menjadi bagian dari metode pembayaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” ucap Indina.

Baca juga: Kredivo edukasi masyarakat bijak gunakan "paylater" dengan film pendek
Baca juga: Kredivo berharap "paylater" perbankan bantu percepat inklusi keuangan
Baca juga: Kredivo Group luncurkan bank digital penuhi kebutuhan generasi muda

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024