Solo (ANTARA) - Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo menyapa ribuan kader pada acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, Kamis petang.

Pada acara tersebut, Iriana didampingi oleh istri Wakil Presiden RI Wury Ma'ruf Amin menyapa sekaligus berinteraksi dengan sejumlah kader PKK.

"Kader PKK dari Sabang sampai Merauke. Banyak sekali. Bagaimana bu, senang di Solo? Sudah berapa hari?," tanya Iriana disambut jawaban riuh dari para anggota kader PKK.

Ia juga menanyakan makanan apa yang menjadi favorit para ibu selama berada di Solo. Ia juga meminta kepada para anggota PKK membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Iriana juga memberikan sejumlah pertanyaan kepada para kader. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan di antaranya siapa nama Ketua Umum PKK Periode 2019-2024 dan tanggal peringatan HKG PKK.

Para penjawab yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar memperoleh sepeda yang diberikan oleh Iriana dan Wury.

Baca juga: Kader PKK se-Indonesia meriahkan Parade Budaya Nusantara di Surakarta

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PKK Tri Tito Karnavian mengatakan tema kali ini adalah Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju.

Ia mengatakan ada sebanyak 8.083 anggota kader PKK yang hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan beberapa program unggulan PKK yang berhasil terlaksana dengan baik, salah satunya membantu penurunan angka stunting dengan kerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui pemberian makanan tambahan.

Selain itu, pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman yang membantu keluarga.

"Kami juga membantu penurunan angka inflasi dengan gerakan tanaman cabai, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan rumah tangga dan harmonisasi keluarga melalui keluarga Indonesia sejahtera dan harmonisasi, gerakan keluarga sehat dan tangguh bencana melalui tiga proyek, peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat, serta peduli kesehatan ibu dan anak," katanya.

Baca juga: Pemerintah gelar HUT Ke-44 Dekranas dan HKG Ke-52 PKK di Surakarta 
Baca juga: Iriana Jokowi: Kader PKK harus miliki etos kerja tinggi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024