Pangkalpinang (ANTARA) - Ratusan siswa SMA dan SMK se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) antusias mengikuti Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Program Goes to School Kanwil Kemenkumham provinsi setempat dalam upaya meningkatkan kualitas SDM masyarakat daerah itu.

"Pada kegiatan ini, kita memperkenalkan Kekayaan Intelektual (KI) dan Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) kepada siswa," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Harun Sulianto di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Kemenkumham Babel sosialisasikan SPIP tingkatkan nilai maturitas

Ia mengatakan kegiatan RuKI Go to School kali ini diikuti 100 siswa SMA dan 100 siswa SMKN se-Kepulauan Babel untuk memberikan informasi kepada para pelajar tentang Politeknik Pemasyarakatan yang merupakan salah satu sekolah kedinasan Kemenkumham.

Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman terkait pentingnya melindungi dan menghargai kekayaan intelektual serta menumbuhkan semangat berkarya dan berinovasi.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah penyampaian informasi terkait Poltekip dan dapat meningkatkan minat pelajar terhadap kampus itu," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel Ervawi mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

"Kekayaan intelektual sangat penting untuk diketahui oleh para siswa sejak dini. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berdiskusi dan menggali ilmu dari para narasumber yang hadir," katanya.

Wakil Direktur (Wadir) II Poltekip Dr Syahrial Yuska menyampaikan Poltekip merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kawah Candradimuka untuk mendidik kader-kader pemasyarakatan di Indonesia, melalui pendidikan profesional program Diploma IV.

"Poltekip memiliki tiga program studi, yaitu D-IV Teknik Pemasyarakatan, D-IV Manajemen Pemasyarakatan, serta D-IV Bimbingan Kemasyarakatan," ujar Yuska.

Baca juga: Kemenkumham Babel bentuk Imigrasi Corner Desa

Baca juga: Seleksi taruna Poltekip/Poltekim bebas pungutan liar


Ia menyatakan lulusan Poltekip akan diberikan gelar S.Tr.Pas berpangkat golongan III/a dan akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara, Balai Pemasyarakatan) di seluruh Indonesia.

"Bagi siswa yang berminat, saat ini Poltekip membuka pendaftaran calon taruna (catar) sekolah kedinasan tahun anggaran 2024. Pendaftaran dilakukan secara online sejak 15 Mei hingga 13 Juni 2024," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024