Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menyampaikan sejumlah rencana pembangunan ke Komisi A DPRD DKI Jakarta yang melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Kepulauan Seribu pada Jumat.

"Kami menyampaikan beberapa perkembangan pembangunan yang telah dilakukan di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu dari semua sektor yang tujuannya mensejahterakan masyarakat Kepulauan Seribu dan mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN),” kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan beberapa rencana pembangunan di wilayah Kepulauan Seribu selanjutnya agar bisa mendukung kebutuhan masyarakat serta meningkatkan sektor pariwisata seperti peningkatan RSUD, pelayanan transportasi dan lainnya.

Ia mengatakan saat ini RSUD di Kepulauan Seribu tipe D dan pemkab menargetkan ada peningkatan ke tipe C.

Kemudian untuk sektor transportasi, pihaknya berharap ada pelayanan angkutan kapal antar pulau penduduk.

Menurut dia hal ini sangat dibutuhkan dan menjadi kesulitan bagi masyarakat untuk pindah dari satu pulau ke pulau lainnya.

Kemudian persoalan penanganan sampah, Junaedi mengatakan selama ini dilakukan secara manual oleh petugas PPSU yang selalu berjaga di bibir pantai tapi sampah selalu datang ketika terjadi angin barat.

"Kami berharap didukung dengan kapal conveyor sampah sehingga memudahkan pengolahan sampah yang ada di pulau, selain itu juga pengadaan gerobak motor karena yang ada saat ini sudah rusak dan tidak bertahan lama,” kata dua

Junaedi berharap pertemuan ini bisa memberikan motivasi serta saran dan masukan yang berguna, untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu ke depan.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan bahwa pihaknya mendukung pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Pulau Seribu bagian dari Jakarta dan perlu meningkatkan kapasitasnya dengan membangun infrastruktur seperti kebutuhan transportasi antar pulau yang bisa meningkatkan mobilitas warga dan perekonomian sekitar, bahkan memacu investor,” kata dia.

Dirinya mendukung peningkatan sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Kepulauan Seribu, sehingga mendukung kebutuhan masyarakat sekitar.

“Sarana dan prasarana juga perlu dibangun, seperti rumah sakit dan infrastruktur lain juga,” katanya.

Kabupaten Kepulauan Seribu menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta di Ruang Pola Kabupaten, Pulau Pramuka, Jumat.
Baca juga: Kepulauan Seribu targetkan seluruh anak dapatkan imunisasi lengkap
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu ajak warga lengkapi imunisasi pada anak
Baca juga: Gempa bermagnitudo 5,4 dirasakan warga Pulau Panggang Kepulauan Seribu

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024