Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola voli putri Jepang mengunci tiga kemenangan beruntun usai menekuk timnas Jerman dengan skor 3-0 (25-21, 25-15 dan 25-22) pada pertandingan Volleyball Nations League 2024 yang berlangsung di Antalya Sports Hall, Antalya, Turki.

Kemenangan ini membawa Jepang mendulang 5,47 poin di peringkat dunia FIVB dan kian memanaskan peta persaingan perebutan tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

"Kami belum lolos Olimpiade, jadi kami harus memainkan permainan terbaik kami setiap saat. Saya pikir menang dalam tiga set sangat penting," kata pemain Jepang, Airi Miyabe.

Penampilan menjanjikan yang ditunjukkan duo Sarina Koga dan Mayu Ishikawa membuat Jerman menelan kekalahan dua kali berturut-turut. Outside hitter sekaligus kapten Jepang, Sarina Koga menjadi pemain terproduktif dengan catatan 20 poin (16 pukulan, 2 blok dan 2 servis ace). Mayu Ishikawa menjadi pendulang poin kedua terbanyak usai mencatatkan 18 poin disusul oleh opposite Kotona Hayashi yang mencatatkan 12 poin.

Sedangkan di kubu Jerman, penampilan middle blocker Camilla Weitzel masih belum cukup untuk memberikan perlawanan meski tercatat menyumbang 13 poin.

Middle blocker Jerman, Anastasia Cekulaev mengungkapkan pertahanan Jepang begitu rapat dengan blok-blok yang mampu membaca pola serangan timnya. Anastasia juga memuji pola serangan Jepang yang menurutnya merupakan pola serangan tercepat saat ini di dunia dengan mempunyai banyak variasi serangan yang sulit ditebak.

"Jepang memainkan pertahanan blok yang sangat bagus. Sangat sulit untuk mencetak gol. Kami mencoba yang terbaik, tetapi pada akhirnya mereka memiliki setiap bola. Kami terus berjuang sampai akhir, tetapi Jepang melakukan pekerjaan yang lebih baik dari kami," komentar pemain tengah Jerman Anastasia Cekulaev.

"Jepang mungkin memainkan bola voli tercepat di dunia, tetapi kami memiliki banyak sentuhan bagus dan terkadang kami melakukan pekerjaan yang sangat bagus. Tidak ada yang berakhir sampai selesai, jadi kami tetap mengangkat kepala dan terus berjalan," tambahnya.

Tambahan tiga poin membuat Jepang kini berada di puncak klasemen sementara dengan torehan delapan poin, menggusur China yang masih memainkan dua pertandingan dan mengoleksi enam poin.

Baca juga: Antropova bawa Italia raih kemenangan perdana usai tekuk Jerman 3-1
Baca juga: Timnas putri China bekuk Amerika Serikat 3-1 di VNL

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024