Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mengerahkan sejumlah personel untuk memadamkan kebakaran lahan di Jalan Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, pada Sabtu sore.

"Kebakaran ini terjadi di atas lahan seluas dua hektare yang merupakan hutan alang-alang," kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, kebakaran ini dilaporkan warga bernama Mohammad Riski yang melihat asap hitam pekat di sisi sebelah timur Pantai Pasir Perawan.

Melihat asap semakin tebal, lalu warga tersebut menelepon petugas jaga piket Pos Damkar Pulau Pari. "Kami menerima berita kebakaran pukul 15.50 WIB dan petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian," kata dia.

Baca juga: Gulkarmat kerahkan 10 mobil untuk padamkan kebakaran di Kelapa Gading
Baca juga: Kebakaran melanda sebuah bangunan di Kelurahan Ancol


Ia mengatakan ada satu unit motor pemadam yang dikerahkan dengan empat personel lalu ditambah dua orang petugas piket. "Satu jam penanganan akhirnya api berhasil dipadamkan pukul 17.00 WIB," kata dia.

​​​​​​Menurut dia, tidak ada korban dari kebakaran yang terjadi sore ini.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap hal yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

Kewaspadaan dilakukan mulai dari membuang puntung rokok di kawasan rumput kering atau membakar sampah sembarangan dapat memicu terjadinya kebakaran lahan.
Baca juga: Gulkarmat mulai operasikan kapal pemadam baru di Kepulauan Seribu

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024