Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer kemarin (Minggu, 19/5) di Indonesia, mulai dari kecelakaan pesawat PK-IFP di Tangerang Selatan, Banten hingga sebanyak 50 jurnalis peroleh beasiswa S2 dari BRI.

1) Kecelakaan pesawat PK-IFP diduga akibat faktor cuaca buruk

Kecelakaan udara yang dialami pesawat ringan PK-IFP milik Indonesia Flying Club di Jalan Lapangan Sunburst, BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Minggu siang diduga akibat faktor cuaca buruk.

Kepala Kantor SAR DKI Jakarta Desiana Kartika Bahari mengatakan dalam peristiwa ini telah berhasil mengevakuasi seluruh korban dan dari ketiganya dipastikan telah meninggal dunia.

Simak selengkapnya di sini:

Baca juga: Kecelakaan pesawat PK-IFP diduga akibat faktor cuaca buruk

2) Hoaks banjir luapan Sungai Mahakam berdampak ke Kota Nusantara

Banjir akibat luapan Sungai Mahakam di Kalimantan Timur yang disebut berdampak terhadap Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia, sebagaimana yang tersebar di media sosial adalah berita bohong atau hoaks.

Menurut Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik banjir luapan Sungai Mahakam merupakan siklus tahunan, yang menerjang Kota Samarinda serta Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan Kabupaten Mahakam Hulu..

Simak selengkapnya di sini:

Baca juga: Hoaks banjir luapan Sungai Mahakam berdampak ke Kota Nusantara

3) Kemenag minta jamaah umrah Indonesia pulang sebelum 9 Juni 2024

Kementerian Agama (Kemenag) RI meminta kepada seluruh jamaah umrah Indonesia untuk kembali ke Tanah Air sebelum 29 Zulkaidah 1445 Hijriah atau 6 Juni 2024.

Permintaan tersebut diumumkan kepada masyarakat dengan mempertimbangkan keputusan Pemerintah Arab Saudi yang memutuskan bahwa jamaah umrah hanya diperbolehkan untuk masuk ke Arab Saudi sampai 15 Zulkaidah 1445 Hijriah.

Simak selengkapnya di sini:

Baca juga: Kemenag minta jamaah umrah Indonesia pulang sebelum 9 Juni 2024

4) Kemenag bangun sekolah menengah Agama Katolik negeri tahun ini

Kementerian Agama (Kemenag) RI segera membangun sekolah menengah Agama Katolik (SMAK) negeri pada tahun ini hingga tahun 2025.

"Akan ada dua SMAK yang dari awal langsung berstatus negeri di wilayah Nias, Provinsi Sumatera Utara dan Nagekeo di NTT," kata Direktur Pendidikan Katolik, Kemenag RI Salman Habeahan.

Simak selengkapnya di sini:

Baca juga: Kemenag bangun sekolah menengah Agama Katolik negeri tahun ini

5) 50 jurnalis peroleh beasiswa S2 dari BRI

Sebanyak 50 jurnalis dari berbagai media massa, baik cetak, "online", televisi, dan radio memperoleh program beasiswa "BRI Fellowship Journalism 2024", yakni untuk berkesempatan berkuliah jenjang strata 2 (S2) di perguruan tinggi negeri (PTN).

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa "BRI Fellowship Journalism" adalah program komprehensif yang melibatkan jurnalis. Ada berbagai tahapan kegiatan, seperti pelatihan, pembelajaran singkat tentang dunia jasa keuangan, dan selanjutnya berkesempatan mendapatkan beasiswa dari program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli untuk melanjutkan studi di jenjang S2.

Simak selengkapnya di sini:

Baca juga: 50 jurnalis peroleh beasiswa S2 dari BRI

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024