Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta (Perseroda) dan BMKG berkolaborasi dalam penyediaan layanan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika sebagai jasa konsultasi hingga edukasi bagi masyarakat.
 
“Kerja sama ini juga telah berkontribusi pada proses perencanaan dan pembangunan fase 2 MRT Jakarta," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan di Jakarta, Senin.
 
Mega menuturkan telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.
 
Kerja sama tersebut terkait penyediaan layanan informasi dan jasa di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika di seluruh wilayah kerja PT MRT Jakarta (Perseroda).
 
Terutama di Pusat Kendali Operasi (operation control center) dan stasiun-stasiun MRT Jakarta seperti jasa kalibrasi, supervisi, dan konsultasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika, dan edukasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.
 
"Kita semua dapat mempersiapkan respons mitigasi serta upaya antisipasi terkait kondisi kedaruratan hidrometeorologi demi keselamatan bersama, khususnya pengguna jasa MRT Jakarta,” ujarnya.
 
Selain itu, dia menambahkan ini merupakan kerja sama dengan BMKG telah dilakukan sejak 2020 dalam hal pertukaran informasi server-to-server terkait prakiraan cuaca.
 
"Kerja sama juga terkait peringatan dini untuk potensi bencana alam seperti banjir dan gempa guna meningkatkan aspek keselamatan operasional,” ujarnya.
 
Rencananya, kerja sama ini akan berlangsung selama tiga tahun ke depan.
 
Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Mohamad Muslihhuddin turut mendukung segala program yang dicanangkan MRT Jakarta.
 
Terutama program atas upaya dalam mendukung keselamatan dan masyarakat pengguna transportasi umum tersebut.
 
"Karena kami yakin bahwa kenyamanan keselamatan penumpang tentunya menjadi prioritas MRT, kami dari BMKG akan mendukung sepenuhnya," kata Muslihhuddin.
 
Kerja sama ini juga mengundang Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hartanto di Depo MRT Jakarta Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
Baca juga: Konser NCT dan Kyuhyun, MRT Jakarta layani pelanggan hingga 01.00 WIB
Baca juga: MRT Jakarta mitigasi ancaman banjir dan gempa demi keamanan pengguna
Baca juga: Tahap awal pengembangan Terminal Blok M untuk residensial

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024