Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo bertemu dengan pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)  di Gedung Kemenpora, Jakarta, pada Selasa, guna membahas perkembangan pembinaan cabang olah raga ini.

PBVSI mempunyai agenda penting dalam dua bulan ke depan, yakni menyiapkan tim nasional voli putra dan putri untuk AVC Challange Cup 2024 dan menyiapkan regenerasi tim untuk ajang Mens Asian Volleyball U-20 2024 Championship.

"Hari ini kita baru saja selesai rapat dengan Ketum PBVSI beserta jajaran. Agenda utamanya pastinya ini PBVSI melaporkan berbagai pengembangan dan pembinaan, khususnya program yang akan kita jalankan untuk persiapan SEA Games 2025 dan di tahun ini Indonesia juga menjadi tuan rumah Piala Asia U-20," kata Dito kepada pewarta di Jakarta pada Selasa.

"Kita bicara bagaimana ke depannya pembinaan voli baik wanita dan pria ini akan semakin masif dan progresif," imbuh Dito.

Timnas voli putra Indonesia menempati peringkat 52 FIVB, sedangkan timnas voli putri menduduki peringkat 55. 

Baca juga: Tempat final four Proliga 2024 pindah ke Surabaya dan Semarang

Dito berharap Indonesia mendapatkan poin banyak dari AVC Challange Cup 2024 sehingga  mendongkrak peringkat Indonesia.

"Alhamdulillah saat ini peringkat voli Indonesia untuk pria ini di peringkat ke-52 dan untuk wanita di peringkat ke-55. Ini melonjak tinggi sejak 2022 lalu, peringkatnya selalu di luar 100 besar," kata Dito.

Ketua Umum PBVSI, Komjen (Pol) Imam Sudjarwo bertekad fokus membina tim dan membidik medali emas voli putra dan putri SEA Games 2025 di Thailand.

"Kita ingin mempersiapkan mulai dari sekarang dalam upaya pembinaan atlet putri kita. Atlet putri sekarang kita selalu nomor tiga, kita ingin juga kayak atlet putra dengan hattrick tiga emas," tandas Imam.

Baca juga: Menpora dukung ICS untuk hidupkan kembali agenda balap sepeda

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024