Medan (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan menyatakan sebanyak 2.858 jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Medan telah berada di Madinah, Arab Saudi.

"Dengan berangkat Kloter 8 dini hari tadi, maka 2.858 calon haji Sumatera Utara sudah di Madinah," ungkap Ketua PPIH Embarkasi Medan Ahmad Qosbi di Medan, Selasa.

Menurutnya, ke 2.858 calon haji tersebut merupakan  33,14 persen dari total sebanyak 8.623 calon haji asal Provinsi Sumatera Utara yang tergabung dalam 25 Kloter musim haji tahun ini.

Kloter 8 merupakan kelompok terbang terakhir dari Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara menuju Bandar Udara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

"Sesuai jadwal dikeluarkan oleh maskapai Garuda Indonesia, selanjutnya PPIH Embarkasi Medan memberangkatkan jamaah menuju Jeddah," katanya.

Baca juga: PPIH Medan besuk calhaj Embarkasi Surabaya dirawat RSUD Amri Tambunan
Baca juga: 2.240 calon haji Kalsel dan Kalteng sudah berada di Madinah


Ahmad yang juga menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara mengungkapkan, sejauh ini pelaksanaan keberangkatan JCH Embarkasi Medan masih berjalan normal.

"Alhamdulillah, hingga Kloter 8 ini semua berjalan baik tanpa kendala yang berarti. Kita berharap sampai Kloter 25 semua terlaksana," tutur dia.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa sebanyak 360 JCH Kloter 9 Embarkasi Medan akan memulai pendaratan pesawat di Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah.

"Untuk Kloter 9 pada Rabu besok pukul 6.15 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia akan lepas landas dari Bandara Kualanamu," tutur Ahmad.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan Sokhib Al Rokhman menyatakan sebanyak 8.624 calon haji Embarkasi Medan dibawa oleh maskapai Garuda Indonesia.

Pihaknya mengatakan, Garuda Indonesia menggunakan pesawat Boeing B777-200/300 berkapasitas 360 tempat duduk sejak 13 Mei 2024.

"Mari kita jaga semangat kolaboratif musim tahun ini dengan memastikan keselamatan, kenyamanan, dan standar pelayanan calon haji," kata Sokhib.

Baca juga: Dua calon haji lansia asal Garut wafat di Tanah Suci Madinah
Baca juga: Kemenag catat 63.823 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi
Baca juga: Kemenag ingatkan calhaj jangan bawa rice cooker & pemasak air listrik


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024