Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu menyerap aspirasi warga untuk memperbaiki standar layanan kesehatan.

"Standar pelayanan perlu ditetapkan untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik, sesuai dengan asas pemerintahan yang baik dan mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak, yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan," kata Direktur RSUD Kepulauan Seribu, Ghamal Ahmad Pramana di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan RSUD Kepulauan Seribu telah menggelar Forum Konsultasi Publik berjudul Pembahasan Rancangan Standar Pelayanan yang diikuti 60 orang yang terdiri dari para Ketua RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, Organisasi Profesi Cabang Kepulauan Seribu, serta tim manajemen dan tim layanan RSUD Kepulauan Seribu.

Ia mengatakan penyelenggaraan forum ini bertujuan melibatkan masyarakat dalam penyusunan penetapan standar pelayanan di RSUD Kepulauan Seribu, serta sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Dirinya berharap melalui kegiatan forum ini dapat membuat pelayanan RSUD Kepulauan Seribu menjadi lebih berkualitas serta memberi kepastian layanan kepada masyarakat.

Menurut dia standar pelayanan perlu diperbaharui setiap tiga tahun sekali untuk itu akan diadakan Forum Konsultasi Publik kembali sekaligus untuk melihat kebutuhan yang diperlukan sudah diakomodir atau belum.

"Semoga kegiatan ini dapat menyelaraskan kemampuan penyelenggara dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat," kata dia

Sementara itu, Kasi Pelayanan Penunjang RSUD Kepulauan Seribu, Irma Yunita mengatakan pihaknya memaparkan 17 penyusunan standar pelayanan, antara lain pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, rawat jalan, kamar bersalin, kamar operasi.

Kemudian hiperbarik oksigen terapi, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan rontgen, pemeriksaan Ultrasonografi (USG), pelayanan farmasi, pendaftaran pasien rawat jalan dan rawat inap.

"Kami juga berikan standar pelayanan kasir, gizi, K3RS, pemulasaraan jenazah, dan pelayanan pengaduan masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan RSUD Kepulauan Seribu juga sudah terpenuhi layanan dokter spesialis, seperti dokter anak, penyakit dalam, bedah, patologi klinik, kedokteran kelautan, anestesi, dan spesialis kebidanan dan kandungan.

Dirinya berharap fasilitas kesehatan khususnya di Kepulauan Seribu semakin maju dan kebutuhan yang diperlukan masyarakat dapat terpenuhi.

"Tentunya saran dan masukan dari masyarakat akan kita penuhi. Kami juga sangat terbuka apabila masih ada hal yang kurang atau harus diperbaiki, bisa segera menghubungi kontak pengaduan kami melalui telepon, website, atau sosial media," kata dia.
Baca juga: DPRD DKI sarankan Kepulauan Seribu jadi destinasi wisata sekolah
Baca juga: TP PKK gencar bercocok tanam di area terbatas Kepulauan Seribu
Baca juga: Bupati minta lurah tingkatkan pelayanan dan kesejahteraan warga

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024