Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Sulawesi Utara berpotensi dilanda cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 26 Mei 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Ben A Molle di Manado, Kamis.
 
Dia menyebutkan, sebagian besar kabupaten dan kota di provinsi tersebut berpeluang dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
Karena itu dia berharap warga berhati-hati bila melakukan aktivitas dan tetap waspada terhadap bencana banjir, tanah longsor serta pohon tumbang.
 
BMKG, kata dia, akan terus membantu memutakhirkan informasi kondisi cuaca di kabupaten dan kota yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem.
 
Ben menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem pada 24 Mei 2024 berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.
 
Pada 25 Mei 2024 diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.
 
Sementara pada 26 Mei 2024 diprediksi terjadi di Kota Kotamobagu, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang 2,5 meter di Samudera Hindia barat Sumatera

Baca juga: BPBD DKI siagakan perahu dan pelampung di kelurahan rawan banjir-rob

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024