Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut bahwa ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang berlangsung di Da Nang, Vietnam, pada 31 Mei sampai 9 Juni menjadi kesempatan emas bagi atlet pelajar untuk berprestasi.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin, ia menyampaikan agar para kontingen berjuang dengan penuh semangat, junjung tinggi sportivitas, dan tetap rendah hati, sehingga setiap langkah di arena ASG 2024 bisa menjadi kesempatan untuk unjuk kebolehan , guna berprestasi di dunia atlet profesional pada masa mendatang.
 
"Ini adalah kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan terbaik kalian," kata Dito saat mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia untuk ASG 2024 di Wisma Auditorium Kemenpora.
 
Ia membeberkan, saat kontingen Indonesia mendulang prestasi di SEA Games Kamboja 2023, mayoritas dari atletnya merupakan atlet-atlet junior.7
 
Oleh sebab itu, Dito mendorong para pelajar yang tergabung dalam kontingen Indonesia untuk memaksimalkan ajang ASG sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan.

Baca juga: Menpora lepas kontingen Indonesia untuk ASEAN Schools Games 2024
Baca juga: Menpora yakin atlet pelajar Indonesia bisa raih prestasi di ASG 2024
 
"Jadi adik-adik semuanya yang akan diberangkatkan ke Vietnam, ini adalah permulaan kalian, asah kemampuan kalian untuk nantinya dilanjutkan ke ajang yang lebih tinggi, syukur-syukur kalian semua bisa melanjutkan di SEA Games 2025," kata menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, keberhasilan dalam ASG 2024 bukan hanya tentang perolehan medali. Namun, untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu membangun karakter sportivitas dan persahabatan antarnegara.
 
Dito mengimbau, para atlet pelajar yang berangkat ke Vietnam harus menunjukkan bakat, disiplin, dan semangat juang yang tinggi kepada perwakilan dari negara se-Asia Tenggara, guna menampilkan identitas diri bangsa Indonesia.
 
Dalam kesempatan pengukuhan itu, ia turut menyampaikan terima kasih kepada induk organisasi cabang olahraga dan para pelatih, serta ofisial yang telah membantu dalam penyiapan atlet.
 
Menurut Menpora, pencapaian yang baik mencerminkan manajemen yang baik dan efektif.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024