Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis Indonesia bisa menjadi juara umum dalam ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang berlangsung di Da Nang, Vietnam, pada 31 Mei sampai 9 Juni.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, ia membeberkan materi atlet yang dimiliki, Indonesia terbilang unggul, sehingga sudah seharusnya bisa keluar sebagai juara umum.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, Indonesia terbilang berprestasi pada enam cabang olahraga yang akan diikuti di ASG 2024.
 
Keenam cabang olahraga itu adalah atletik, renang, badminton, bola basket, pencak silat, dan vovinam.
 
"Untuk vovinam pada SEA Games kemarin Indonesia meraih emas. Maka saya rasa tidak aneh kalau tim atlet siswanya juga emas. Jadi harusnya Indonesia juara umum," kata Dito saat mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia untuk ASG 2024 di Wisma Auditorium Kemenpora.
 
Meski begitu, dia mengimbau agar harapannya itu jangan dijadikan beban untuk meraih prestasi yang dimaksud.
 
Menurut Dito, pendapatnya itu hanya sebuah motivasi dan dukungan dari pemerintah, guna menjadi langkah awal bagi atlet pelajar untuk berproses menuju atlet kelas dunia ke depan.
 
Oleh sebab itu, dia mengimbau agar para wakil negara itu bisa memberikan usaha terbaik dan menjaga sportivitas selama bertanding.
 
"Selalu ingat pasti kami semua (pemerintah) di belakang kalian dan selalu mendukung kiprah dan karier kalian ke depannya," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Baca juga: Menpora sebut ASG 2024 jadi kesempatan atlet pelajar untuk berprestasi
Baca juga: Menpora yakin atlet pelajar Indonesia bisa raih prestasi di ASG 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024